Sabtu, 14 Maret 2015

Kurikulum Pendidikan 1975 dan 1984

Tidak ada komentar:

A.     Kurikulum 1975

  1. Alasan Pemberlakuan Kurikulum 1975
Hal ini dikarenakan kurikulum 1968/1969 dirasa perlu untuk ditinjau kembali agar lebih sesuai dengan perkembangan dan perubahan zaman dan masyarakat.
  1. Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum 1975
a.       Pendekatan yang berorientasi pada tujuan.
b.      Dirumuskan secara jelas dari tujuan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional.

  1. Ciri-ciri
a.       Menganut pendekatan yang berorientasi pada tujuan
b.      Menganut pendekatan yang integratif.
c.       Pendidikan Moral Pancasila juga tidak hanya dibebankan kepada bidang pelajaran Pendidikan Moral Pancasila dalam pencapaiannya, melainkan juga kepada bidang pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Agama.
d.      Menekankan pada efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan dana, daya dan waktu yang tersedia.
e.       Menggunakan tekhnik penyusunan program pengajaran PPSI.
f.       Organisasi pelajaran meliputi berbagai bidang studi.
g.       Sistem Evaluasi dilakukan penilaian pada setiap akhir satuan pembelajaran terkecil.
  1. Isi Kurikulum
Berbentuk bidang pengajaran atau bidang studi sebagai pengganti mata pelajaran (IPA, IPS, kesenian, biologi, fisika, sejarah dll).
  1. Organisasi Kurikulum
a.       Pola penjenjangan menggunakan 6-3-3 (tahun).
b.      SD menggunakan sistem Caturwulan.
c.       SMP dan SMA menggunakan sistem Semester.
  1. Strategi Pelaksanaan Kurikulum
a.       Cara Penyampaian Pengajaran
Satuan pelajaran ini juga berbentuk satuan program pengajaran yang lebih kecil, yaitu dengan menggunakan cara penyampaian pengajaran dalam bentuk satuan pelajaran, yang berbeda dengan system modul.
b.      Cara Penilaian
Sistem penilaian pada kurikulum ini yaitu dengan penilaian disetiap akhir catur wulan, serta dilakukan pula penilaian secara teratur pada akhir setiap satuan program yang lebih kecil, dalam hal ini pada akhir setiap satuan pelajaran.
  1. Hal-hal yang Berhubungan
a.       PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional).
b.      Pembelajaran dengan modul.
c.       Satuan pembelajaran (unit lesson).
  1. Kurikulum 1984
  1. Alasan Pemberlakuan Kurikulum 1984
Mencermati laju pembanguna nasional yang pesat, termasuk berdampak pada lahirnya ruang-ruang baru dalam pembangunan nasional, maka diperlukan kurikulum baru yang direspons terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di dalam masyarakat.
  1. Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 1984
Otoaktivitas dengan CBSA.
a.       Prakarsa siswa dalam memberikan usul tanpa diminta.
b.      Keterlibatan mental dalam tugas/kegiatan.
c.       Guru sebagai fasilitator.
d.      Belajar dengam pengalaman langsung.
e.       Variasi bentuk dan alat pembelajaran.
  1. Ciri-ciri
a.       Masuknya beberapa mata pelajaran baru (PSPB).
b.      Pendekatan pembelajaran otoaktivitas, CBSA.
c.       Sistem kredit
  1. Muatan Lokal
Definisi : Program Pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan buatan serta kebutuhan daerah yang wajib diikuti oleh siswa di daerah.
Sifat : Memperluas tujuan pendidikan yang telah digariskan dalam pendidikan nasional.
  1. Syarat Mulok
a.       Kekhasan lingkungan
b.      Menunjang kepentingan nasional
c.       Sesuai minat, sikap, kemampuan peserta didik.
d.      Didukung oleh pemerintah daerah dan masyarakat.
e.       Tersedianya tenaga pelaksana dan sumber.
f.       Dapat dilaksanakan dan dikembangkan.
g.       Selaras dengan kemajuan dan inovasi pendidikan.
  1. Isi Kurikulum
a.       Pendidikan Umum (Agama, PMP, PSPB, Jasmani, KEsenian)
b.      Pendidikan Akademis (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Daerah, IPA, IPS, Metematika)
c.       Pendidikan Keterampilan (pilihan: Jasa, PKK, Tekhnik, Pertanian, Kerajinan, Maritim)
Sumber referensi :
Sutopo,hidayat.1986.Penbinaan dan penggembagan Kurikulum.Jakarta;Bima Aksara.
Moh.Yamin.2009.Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta:Diva Press.
Saefudin,Udin.2008.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar