Latest Posts

Sabtu, 19 Agustus 2017

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 - 6 SD / MI 2017 - 2018

Tidak ada komentar:
RPP dan Silabus merupakan seperangkat administrasi pokok yang harus dimiliki oleh setiap Guru. Menginjak tahun ajaran baru 2017/2018 pada kesempatan kali ini kami bagikan kumpulan RPP kurikulum 2013 sesuai dengan revisi yang telah dilaksanakan pada tahun 2017. Kumpulan RPP ini kami khususkan untuk Bapak/Ibu Guru SD pada kelas 1,2,3,4,5 dan 6.

Sebelum Mendownlod RPP di bawah ini silahkan Bapak/Ibu guru menonton Video Tutorial Pengunaan Aplkasi Rapaort Kurikulum 2013 Versi All In One

RPP Kurikulum 2013 SD Tahun Ajar 2017/2018 sesuai Revisi Terbaru dapat diunduh secara gratis pada link dibawah ini.


A. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Diriku
  2. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegemaranku
  3. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegiatanku
  4. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Keluargaku
  5. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Pengalamanku
  6. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
  7. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
  8. RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Peristiwa Alam
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

B. RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Hidup Rukun
  2. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Bermain di Lingkunganku
  3. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tugas Sehari-Hari
  4. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Aku dan Sekolahku
  5. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Hidup Sehat dan Bersih
  6. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Air Bumi dan Matahari
  7. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Merawat Hewan dan Tumbuhan
  8. RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

C. RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Sayangi Hewan dan Tumbuhan 
  2. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Pengalaman yang Mengesankan
  3. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Mengenal Cuaca dan Musim
  4. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Ringan Sama Dijinjing Berat 
  5. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Bermain dan Berolahraga
  6. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Indahnya Persahabatan
  7. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Kita Berhemat untuk Mas
  8. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Berperilaku Baik dalam Kehidupan
  9. RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Menjaga Kelestarian Lingkung
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

D. RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan
  2. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi
  3. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup
  4. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan
  5. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku
  6. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku
  7. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku
  8. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku
  9. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

E. RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
  2. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Peristiwa Dalam Kehidupan
  3. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Kerukunan Dalam Bermasyarakat
  4. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Sehat Itu Penting
  5. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
  6. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Organ Tubuh Manusia dan Hewan
  7. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Sejarah Peradaban Indonesia
  8. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Ekosistem
  9. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

F. RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD / MI 2017
  1. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Bhinneka Tunggal Ika
  2. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Selamatkan Makhluk Hidup
  3. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Tokoh dan Penemu
  4. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Globalisasi
  5. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Wirausaha
  6. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat
Link Down_Lod Klik <<<< Disiini >>>>

Semoga dapat menjadi contoh dan referensi dalam pembuatan RPP Kurikulum 2013 sesuai dengan perubahan revisi tahun 2017. Silahkan diunduh dan dibagikan, semoga bermanfaat.
Continue Reading...

Inilah Kisi-kisi Soal Pretest UKG 2017 – SIMPKB

Tidak ada komentar:
Tentunya tindak lanjut adanya Guru Pembelajar sebagai bahan evaluasi keberhasilan program diantaranya dengan diadakan Uji Kompetensi Guru. Seperti kita ketahui bersama bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru adalah untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik pada materi bidang studi. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru.

Pengembangan instrumen UKG terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 atau 5 opsi pilihan jawaban. Sebagai gambaran pada tahun 2017 opsi jawaban sampai dengan 5.

Komposisi Soal UKG 2017
Adapun untuk komposisi instrumen tes adalah kompetensi pedagogik sekitar 30% dan kompetensi profesional sekitar 70% sedangkan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. (Hal ini mengacu pada Soal UKG 2015)

Kisi-kisi Soal UKG 2017
Peserta UKG 2017 hanya mendapatkan soal ujian sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan seperti tersebut di atas. Agar sukses dalam mengerjakan Soal UKG 2017, maka diharapkan bapak/ibu guru memahami kisi-kisi soal ukg 2017 terlebih dahulu. Bagi peserta UKG dapat melihat dan download kisi-kisi UKG 2017 pada laman http://gtk.kemdikbud.go.id/kisi-kisi-ukg/ atau pada links alternatif dari beberapa materi pelajaran di bawah ini :

AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS.PDF
AKUNTANSI.PDF
AGRIBISNIS ANEKA TERNAK.PDF
AGRIBISNIS PERBENIHAN DAN KULTUR JARINGAN TANAMAN.PDF
AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA.PDF
AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN.PDF
AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA.PDF
ALAT MESIN PERTANIAN.PDF
ANALIS KESEHATAN.PDF
ANTROPOLOGI.PDF
BAHASA ARAB.PDF
BAHASA JAWA SMP.PDF
BAHASA JEPANG.PDF
BAHASA JERMAN.PDF
BAHASA MANDARIN.PDF
BAHASA PRANCIS.PDF
BAHASA SUNDA.PDF
BIOLOGI-SMA.PDF
BAHASA INGGRIS.PDF
BAHASA MADURA.PDF
BAHASA-INDONESIA.PDF
BIMBINGAN KONSELING.PDF
BIOLOGI-BID.KEAHIAN AGRITEK.PDF
BIOLOGI-BID.KEAHLIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN.PDF
BIOLOGI-KESEHATAN.PDF
BUDIDAYA KEKERANGAN.PDF
BUDIDAYA PERIKANAN.PDF
BUDIDAYA RUMPUT LAUT.PDF
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.PDF
EKONOMI SMA.PDF
EKONOMI.PDF
ELEKTRONIKA PSWT UDARA.PDF
ELEKTRONIKA_KOMUNIKASI.PDF
FARMASI INDUSTRI.PDF
FISIKA KESEHATAN.PDF
FISIKA-IPA.PDF
FISIKA-TEKNOLOGI-REKAYASA.PDF
FARMASI.PDF
FISIKA-BID KEAHLIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN.PDF
FISIKA-TIK.PDF
FISIKA-TIK2.PDF
GEOGRAFI.PDF
GEOLOGI PERTAMBANGAN-SMK.PDF
GEOMATIKA-SMK.PDF
IPA-SMP.XLSX.PDF
IPA-TERPADU.PDF
IPS-SMP.PDF

IPS.PDF
INSTALASI KAPAL BAJA.PDF
INSTALASI PEMESINAN KAPAL.PDF
INTERIOR KAPAL 2015.PDF
JASA BOGA.PDF
KECANTIKAN RAMBUT.PDF
KESEHATAN HEWAN.PDF
KIMIA KESEHATAN.PDF
KIMIA-SMA.PDF
KISI KISI BAHASA JAWA SMP.PDF
KRIYA KERAMIK.PDF
KECANTIKAN KULIT.PDF
KELISTRIKAN PERKAPALAN.PDF
KELISTRIKAN PESAWAT UDARA.PDF
KEPERAWATAN GIGI.PDF
KEPERAWATAN.PDF
KIMIA ANALISIS.PDF

KIMIA INDUSTRI.PDF
KIMIA SMK TEKNOLOGI REKAYASA 2015.PDF
KIMIA-BID. KEAHLIAN PERIKANAN DAN KELAUTAN.PDF
KISI-KISI BAHASA JAWA SD.PDF
KISI-KISI BAHASA JAWA SMA - SMK.PDF
KISI-KISI SOAL UKG KRPU 1.PDF
KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN.PDF
KONTROL PROSES.PDF
MUSIK KLASIK.PDF
MATEMATIKA SMK.PDF
MATEMATIKA-SMA.PDF
MATEMATIKA-SMP.PDF
MULTIMEDIA.PDF
NAUTIKA KAPAL NIAGA.PDF
NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN.PDF
PATISERI.PDF
PEDAGOGIS.PDF
PEDALANGAN.PDF
PEMERANAN.PDF
PKN-SMP.PDF
PKN-SMA.PDF
PKN-SMP.PDF
PEKERJAAN SOSIAL.PDF
PEMASARAN.PDF
PEMELIHRAAN RANGKA PSWT UDR.PDF
PEMESINAN PESAWAT UDARA.PDF
PENGAWASAN MUTU HASIL PERTANIAN DAN PERIKANAN.PDF
PENJASKES-SD.PDF
PENJASKES-SMA.PDF
PENJASKES-SMP.PDF
PENYULUHAN PERTANIAN.PDF

PERBAIKAN BODY OTOMOTIF.PDF
PERBANKAN-SYARIAH.PDF
PERBANKAN.PDF
PERHOTELAN.PDF
REKAYASA PERANGKAT LUNAK.PDF
SD-RENDAH.PDF
SD-TINGGI.PDF
SEJARAH.PDF
SENI BUDAYA-SENI MUSIK.PDF
SENI BUDAYA-SENI RUPA.PDF
SENI BUDAYA-SENI TARI.PDF
SENI KARAWITAN.PDF
SENI LUKIS.PDF
SENI MUSIK SMA.PDF
SENI PATUNG.PDF
SENI RUPA SMA.PDF
SENI TARI.PDF
SL-TUNA-NETRA.PDF
SLB-AUTIS.PDF
SLB-TUNA-DAKSA.PDF
SLB-TUNA-GRAHITA.PDF
SLB-TUNA-RUNGU.PDF
SOSIOLOGI.PDF
SEJARAH.PDF
SOSIOLOGI.PDF
TEKNIK ELEKTRONIKA AUDIO VIDEO.PDF
TEKNIK OTOTRONIK 2015.PDF
TEKNIK PEMBUATAN KAIN.PDF
TEKNIK SEPEDA MOTOR.PDF
TK.PDF
TEK. PEMESINAN.PDF
TEKNIK ALAT BERAT.PDF
TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI.PDF
TEKNIK FABRIKASI LOGAM.PDF
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN-SMK.PDF
TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK.PDF
TEKNIK INVENTARISASI DAN PEMETAAN HUTAN.PDF
TEKNIK JARINGAN AKSES.PDF
TEKNIK JARINGAN-INSTALASI TENAGA LISTRIK-SMK.PDF
TEKNIK KAPAL FIBERGLASS.PDF
TEKNIK KENDARAAN RINGAN 2015.PDF
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN.PDF
TEKNIK KONSTRUKSI BAJA-SMK.PDF

TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON.PDF
TEKNIK KONSTRUKSI KAYU-SMK.PDF
TEKNIK MEKATRONIKA.PDF
TEKNIK OTOMASI INDUSTRI-SMK.PDF
TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK - SMK.PDF
TEKNIK PEMBORAN MINYAK DAN GAS.PDF
TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA-SMK.PDF
TEKNIK PENGECORAN.PDF
TEKNIK PENGELASAN KAPAL.PDF
TEKNIK PENGOLAHAN MINYAK DAN GAS-SMK.PDF
TEKNIK PERGUDANGAN.PDF
TEKNIK PLAMBING DAN SANITASI-SMK.PDF
TEKNIK PRODUKSI HASIL HUTAN.PDF
TEKNIK PRODUKSI MINYAK DAN GAS-SMK.PDF
TEKNIK PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM RADIO DAN PERTELEVISIAN.PDF
TEKNIK RANCANG BANGUN KAPAL.PDF
TEKNIK SUITSING.PDF
TEKNIK TANAH AIR.PDF
TEKNIK TRANSMISI TELEKOMUNIKASI.PDF
TEKNIK FURNITUR-SMK.PDF
TEKNIK INSTRUMENTASI LOGAM.PDF
TEKNIKA KAPAL PENANGKAP IKAN.PDF
TEKNK KAPAL KAYU.PDF
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMA.PDF
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMK.PDF
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP.PDF
TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN.PDF
TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN.PDF
TEKNOLOGI PENYEMPURNAAN TEKSTIL.PDF
TENIK PELAYANAN PRODUKSI.PDF
UKG TEKNIK KENDARAAN RINGAN.PDF
USAHA PERJALANAN WISATA.PDF

Continue Reading...

Jumat, 18 Agustus 2017

PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM NASIONAL

Tidak ada komentar:
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru 2017 SD|SMP|SMA|SMK. Panduan ini dilatarbelakangi oleh :

Penilaian yang dilakukan pendidik tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment oflearning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). 

Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. 

Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang membandingkan capaian peserta didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan belajar minimal yang disebut juga dengan Kriteria KetuntasanMinimal (KKM). 

KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran dan kondisi satuan pendidikan. 

Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. 
Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut.

Untuk Lebih Deatilnya Tentang Panduan Penilaian Kurikulum 2013 / Kurikulum Nasional , Silahkan Download Panduan Nya di bawah ini :

1. Panduan Untuk SD 2. Panduan Untuk SMP 3. Panduan Untuk SMA 4. Panduan Untuk
Continue Reading...

Jumat, 04 Agustus 2017

KURIKULUM 2013 SD ALL IN ONE 2017 / 2018

Tidak ada komentar:
Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Salam Pendidik Indonesia



Selamat datang dan berjumpa kembali di blog kami :

Selamat bapak/ibu guru semuanya. Semoga malam hari ini masih diberikan kesehatan, sehingga dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya. Bapak/ibu guru kita persiapakan Administrasi pembelajaran kelas kita.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berbagi sedikit pengetahuan kepada para pengunjung semuanya. Aplikasi penilaian Raport Kurikulum 2013 bagi sekolah Dasar tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil dan genap. Pada tahun pelajaran baru ini sudah banyak SD yang menerapkan Kurikulum 2013 sebagai percontohan maupun uji coba.

Permendikbud no 53 tahun 2015 adalah panduan penilaian terbaru yang di syahkan Kemdikbud untuk revisi terhadap Permendikbud No 104 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 53 Tahun 2015 yang terbit pada tanggal 11 Desember 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai acuan dalam pengisian buku raport.

Syukur Alhamdulillah aplikasi raport sesuai PERMENDIKBUD No. 53 Tahun 2015 telah dapat di pergunakan oleh Bapak dan Ibu wali kelas di semester genap/ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Aplikasi ini dirasakan cukup efisien dan mudah dalam penggunaannya. Segala kekurangan dalam aplikasi ini semoga dapat di revisi untuk dipergunakan di semester yang akan dating.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD dilengkapi Cara Menggunakan khusus kami bagikan kepada Guru yang di sekolahnya sudah menjalankan program K13. Ada beberapa fitur pada program untuk menghitung nilai dan mencetak raport, diantaranya yaitu :
  • Penilaian Sikap KI 1,2,3
  • Nilai Pengetahuan dan Keterampilan 
  • Cetak Raport Berdasarkan Nomor Absensi Siswa 
  • Rekap Nilai Siswa Per Semester 
Ulangan umum semester ganjil (1) sudah di depan mata. Rekan guru tentu membutuhkan sebuat format raport. Di sini akan saya share aplikasi raport berbasis microsoft excel untuk kurikulum 2013 yang bisa dipakai.

Fitur Aplikasi Raport K13 All-in-One dengan features yaitu :
  • Aplikasi Raport K13 All-in-One dengan features 
  • Berjumlah 6 Rombel ( 1 Rombel 45 siswa) 
  • Satu File Untuk 1 thun, untuk semua kelas, 
  • Untuk semua agama yang dianut siswa 
  • Penilaian Setiap tema 
  • Deskripsi Kompetensi 
Tutorial Aplikasi Kurikulum 2013 All In One
SILAHKAN DI SIMAK VIDEO BEIKUT :

Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 is one of the most popular programms at the moment, download it for free here. The latest version has many new features. Speed of the whole programm was increased, some errors had been fixed, new functions had been added. Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 will help you to get the best out of your computer - download now the latest version for free. (Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 adalah salah satu program yang paling populer saat ini, download secara gratis disini. Versi terbaru memiliki banyak fitur baru. Kecepatan keseluruhan programme meningkat, beberapa kesalahan telah diperbaiki, fungsi baru telah ditambahkan. Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 akan membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari komputer Anda - download sekarang versi terbaru secara gratis.)

Berikut ini Screen South Aplikasi penilaian Raport Kurikulum 2013 Bagi sekolah dasar tahun pelajaran 2017/2018.









Silahkan Hubung Kami Link " Dalam Proses "

Pemesanan Bisa Langsung Ke email Kami Atau Call HP : 081348971304





Continue Reading...

APLKASI RAPORT K_13 TERBARU UNTUK SD LENGKAP 2017

Tidak ada komentar:
Penilaian KK 2013 - Update Terbaru sudah barang tentu bertujuan untuk membantu berbagai kemudahan pekerjaan bapak/ibu untuk pengisian nilai yang berhubungan Kurikulum 2013. Bahkan di sisi lain rencana tahun depan tahun pelajaran 2016/2017 semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013. Untuk itu apabila Rangkuman Aplikasi - Penilaian KK 2013 - Update Terbaru ini dapat bapak/ibu miliki sehingga pada saat penerapan Kurikulum 2013 bapak/ibu telah terlalu siap untuk menggunakan Aplikasi tersebut.

Puncak Aktifitas guru dalam KBM adalah melakukan input data nilai untuk bahan pelaporan kepada orang tua murid. Dalam hal ini guru di tuntut untuk kerja eksra dalam penulisan raport.

Sarana yang dapat digunakan dalam kegiatan administrasi adalah dengan menggunakan sebuh alat kerja sebagai penujang kelengkapan dan kemudahan dalam administrasi guru kelas, betapa pentingnya suatu administrasi bagi seorang guru setiap hari di hadapkan dengan administrasi kelas, dan salah satu yang harus di perhatikan dan wajib dikerjaan adalah mengolah nilai peserta didik untuk menjadikan nilai raport. Tentu setiap administrasi kelas seperti mengolah nilai peserta didik haruslah memenuhi pencapaian atas pembelajaran yang sudah di sampaikan di kelas.

Salah satu yang menjadikan tugas seorang guru adalah membuat nilai raport untuk diberikan kepada orang tua siswa sebagai bukti laporan bahwa pencapaian putra/putrinya telah menyelesaikan pembelajaran dengan nilai yang sudah di capai berdasarkan kemampuan masing-masing di atas rata-rata.

Demi menunjang dan memudahkan dalam mengolah administrasi mengolah nilai raport, maka kami memberikan dan berbagi aplikasi raport untuk guru kelas atau guru wali kelas. Di mana aplikasi raport ini untuk digunakan di kurikulum 2013 satuan pendidikan sekolah dasar semua kelas. Raport kurikulum 2013 dapat di download aplikasinya dibawah ini, jika berminat dan ingin mengunakan aplikasi tersebut.

Pada kesempatan ini kami ingin memperkenalkan sebuah aplikasi yang memudahkan bapak/ibu dalam menyiapkan laporan hasil belajar siswa khususnya tingkat sekolah menengah pertama, aplikasi ini sudah sesuai dengan permendikbud No.53 Tahun 2015 yang merupakan acuan pedoman penilaian siswa untuk sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Bisa digunakan untuk K-13 Revisi.

Bagi bapak/ibu yang berminat ingin menanyakan seputar aplikasi Rapor kami dapat meninggalkan komentar dibawah ini, untuk yang penasaran dan ingin langsung mencobanya dapat mengunduh langsung aplikasi dilink yang sudah disediakan dibawah ini:








Aplikasi Raport / Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Kelas 1 4 SD Terbaru - Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.


Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.

Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam panduan ini.
  • Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik.
  • Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  • Pembelajaran adalah proses interaksi yang direncanakan antara peserta didik dengan peserta didik lainnya, dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah.
  • Penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.
  • Penilaian tengah semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.
  • Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.
  • Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
  • Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
  • Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik di dalam dan di luar pembelajaran.
  • Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.
  • Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.
  • Prinsip penilaian adalah asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran.
  • Mekanisme penilaian adalah prosedur dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Prosedur penilaian adalah langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Teknik penilaian adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk melakukan penilaian dengan menggunakan berbagai bentuk instrumen penilaian.
  • Instrumen penilaian adalah alat yang disusun dan digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  • Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi lulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.



Langsung saja Download link DOWNLOD DIBAWAH INI :


Aplikasi Raport K13 Kelas 1  >>> KLIK DISINI <<<<
Aplikasi Raport K13 Kelas 2  >>> KLIK DISINI <<<< 
Aplikasi Raport K13 Kelas 3  >>> KLIK DISINI <<<<
Aplikasi Raport K13 Kelas 4  >>> KLIK DISINI <<<<
Aplikasi Raport K13 Kelas 5  >>> KLIK DISINI <<<<
Aplikasi Raport K13 Kelas 6  >>> KLIK DISINI <<<<


Continue Reading...

Aplikasi Kurikulum 2013 Versi Baru Khusus Untuk MI 2017 2018

Tidak ada komentar:
Aplikasi Ini Khusus MI

Aplikasi Raport / Penilaian Kurikulum 2013 Revisi Kelas 1 4 SD Terbaru - Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.

Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam panduan ini :




  • Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik.
  • Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  • Pembelajaran adalah proses interaksi yang direncanakan antara peserta didik dengan peserta didik lainnya, dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.




  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah/madrasah.
  • Penilaian harian (PH) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.
  • Penilaian tengah semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.
  • Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.




  • Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
  • Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
  • Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik di dalam dan di luar pembelajaran.
  • Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.
  • Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.
  • Prinsip penilaian adalah asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran.
  • Mekanisme penilaian adalah prosedur dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Prosedur penilaian adalah langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Teknik penilaian adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk melakukan penilaian dengan menggunakan berbagai bentuk instrumen penilaian.
  • Instrumen penilaian adalah alat yang disusun dan digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  • Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi lulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.


Langsung saja Download link dibawah ini :
Silahkan di Downlod   

Untuk Kelas I, Untuk Kelas II , Untuk Kelas III, Untuk Kelas IV, Untuk Kelas V , Untuk Kelas VI


Continue Reading...

Senin, 31 Juli 2017

EKSTRA KURIKULER PRAMUKA

Tidak ada komentar:
Model pelaksanaan ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kurikulum 2013. Seiring dengan diberlakukannya kurikulum 2013, kepramukaan (latihan pramuka) ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), SMP dan MTs, serta SMA, MA, dan SMK. Sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Karenanya, pelaksanaan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib dalam kurikulum 2013 diorganisasikan dalam model-model tertentu.

Penetapan kepramukaan sebagai ekstrakulrikuler wajib di tingkat Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dalam Permen ini salah satunya mengatur tentang pengorganisasian model pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan pada kurikulum 2014.

Adapun ekstrakurikuler wajib kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan tiga model yaitu Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler. Masing-masing model pelaksanaan kepramukaan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

Model Blok 

Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum. 

Karakteristik pelaksanaan model blok antara lain : Bagi siswa kelas I (SD.MI), kelas VII (SMP/MTs) dan kelas X (SMA/MA/SMK) pelaksanaannya diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS); Alokasi waktu pelaksanaan sistem blok untuk peserta didik SD/MI adalah selama 18 jam, sedangkan siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam; Sebagai penanggung jawab kegiatan model blok adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus); Sedangkan Pembina kegiatan adalah Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran (selaku Pembina Pramuka) dan Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina.

Model Aktualisasi 

Model Aktualisasi adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan. Bersifat wajib, rutin, terjadwal, berlaku untuk seluruh peserta didik dalam setiap kelas, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.

Karakteristik pelaksanaan model aktualisasi antara lain : Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu satu kali; Satu kali kegiatan model aktualisasi dilaksanakan selama 120 menit; Kegiatan Aktualisasi diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Latihan Ekstrakurikuler Pramuka pada Gugusdepan; Kegiatan diorganisasikan oleh Pembina Pramuka.

Model Reguler

Model Reguler adalah kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugusdepan.

Karakteristik pelaksanaan model reguler antara lain : Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka; Pelaksanaan kegiatan sepenuhnya dikelola dan diatur oleh Gugusdepan Pramuka pada satuan pendidikan.

Itulah tiga model pelaksanaan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib dalam kurikulum 2013 yang meliputi Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler. Di mana pada dua model pertama (Model Blok dan Model Aktualisasi) menjadi kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik dan dikelola oleh sekolah. Sedangkan pada model ketiga (Model Reguler) merupakan kegiatan sukarela yang pelaksanaannya dikelola dan diatur sepenuhnya oleh Gugusdepan Pramuka. Sumber : (http://pramukaria.blogspot.co.id/2014/10/model-pelaksanaan-kepramukaan-di.html)

Contoh : PROGRAM KEGIATAN SEMESTER EKSTRA KURIKULER PRAMUKA PENGGALANG



RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN PRAMUKA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK) LATIHAN PRAMUKA



 RENCA KERJA PRAMUKA

 
Continue Reading...

PROGRAM PELAKSANAAN PTK

Tidak ada komentar:

PANDUAN PEELAKSANAAN PROGRAM PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELASTInGKAT SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2016
Continue Reading...

PENEGEMBANGAN KEPROFESIAN BERkELANJUTAN

Tidak ada komentar:

Pedoman - Juknis Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Petunjuk Tekhnis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Selengkapnya Bapak / Ibu bisa Dowlod Filenya dalam bentuk PDF di bawah ini :
   
Continue Reading...

Minggu, 28 Mei 2017

Kegiatan dan Aktivitasku 2016-2017

Tidak ada komentar:




























































































































































Continue Reading...