Latest Posts

Kamis, 18 April 2019

Part 3 - Perang Banjar Pangeran Antasari

Tidak ada komentar:


Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing
Continue Reading...

Part 2 - Perang Banjar Pangeran Antasari

Tidak ada komentar:



  Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing



Continue Reading...

Part 1 - Perang Banjar Pangeran Antasari

Tidak ada komentar:

Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing

PERLAWANAN Pangeran Antasari terhadap cengkeraman kolonial Belanda terkenal dengan semboyan Haram Manyarah Waja Sampai ka Puting (Haram Menyerah Baja sampai ke Ujung) dalam Perang Banjar-Barito (1859-1905) yang berlangsung panjang, penuh darah dan biaya serta semangat heroik. 

KESULTANAN Banjar yang berdiri pada 1520 dengan bentang kekuasaan mencakup tiga provinsi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan sebagian wilayah Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat. Hingga secara sepihak dari versi dokumen Belanda, pada 11 Juni 1860 dihapus dan diganti menjadi wilayah koloni. Sedangkan, dari versi rakyat Banjar justru mengakui pemerintahan darurat atau pelarian yang baru baru berakhir pada 24 Januari 1905.

Tokoh sentral dalam Perang Banjar-Barito adalah Pangeran Antasari. Gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin ini disematkan kepada Pangeran Antasari bin Pangeran Mashud bin Sultan Amir bin Sultan Muhammad Aliudin Aminullah.

Tepat, pada 14 Maret 1862, Pangeran Antasari dinobatkan sebagai Sultan Banjar di hadapan para kepala suku Dayak dan adipati (gubernur) penguasa wilayah Dusun Atas, Kapuas dan Kahayan, yakni Tumenggung Surapati/Tumenggung Yang Pati Jaya Raja. Pangeran Antasari yang lahir di Kayu Tangi, Kabupaten Banjar pada 1797 atau 1809 dan meninggal dunia di Bayan Begok, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, 11 Oktober 1862 dalam usia 53 tahun.

Gelar Pahlawan Nasional dan Kemerdekaan dianugerahkan Pemerintah Republik Indonesia berdasar Surat Keputusan (SK) Nomor 06/TK/1968 di Jakarta, tertanggal 23 Maret 1968. Sosok Antasari memang banyak disebut dalam dokumen serta buku-buku yang ditulis penulis Belanda. Hal ini ketika Perang Banjar yang meluas hingga ke pedalaman Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Tengah.

Keterlibatan Pangeran Antasari dipicu campur tangan Belanda dalam urusan politik Kesultanan Banjar. Hingga puncaknya meletuslah Perang Banjar yang diklaim sebagai perang panjang dan penuh biaya besar yang ditanggung kedua belah, khususnya Belanda.

Dalam buku yang ditulis H.G.J.L Meyners berjudul Bijdragen tot de kennis der geschiedenis van het Bandjermasinsche Rijk, 1863-1866, mencatat peristiwa heroik ketika kedua pasukan berhadapan di meda laga, baik sungai, gunung dan perkotaan. Penulis merupakan perwira Angkatan Darat Hindia Timur- Belanda menggambarkan kronologis dan jalannya Perang Banjar, 1863-1866. Dalam buku setebal 310 halaman itu, Meyners menyebut beberapa tokoh dalam Perang Banjar yang dikomando Pangeran Antasari, seperti Demang Lehman, Haji Buyasin, Tumenggung Surapati, dan lainnya secara lengkap. Termasuk, vonis dijatuhkan kepada para pahlawan Perang Banjar ala pengadilan Belanda.

Buku yang diterbitkan E.J Brill, Leiden, Belanda pada 1886 ini ditulis sebagai salah satu referensi Perang Banjar dari dokumen-dokumen militer era kolonial Belanda. Meyners pun menulis beberapa area perang yang harus dihadapi pasukan infanteri, arteleri dan perwira Belanda untuk merendam perjuangan laskar Pangeran Antasari.

Posisi sentral Pangeran Antasari ini membuat Belanda pernah membandrol hadiah besar bagi yang mampu menangkap dan membunuhnya. Imbalannya adalah 10.000 gulden. Pemerintah kolonial Belanda memang kerepotan dengan perlawanan Antasari dan laskarnya, melanjutkan perjuangan Sultan Hidayatullah yang telah diasingkan ke Cianjur, Jawa Barat.

Taktik licik memang dimainkan Belanda untuk memadamkan dan mengakhiri Perang Banjar. Deklarasi perang yang diumumkan Pangeran Antasari selaku pewaris Kesultanan Banjar ini bergema di Muara Teweh, pada 14 Maret 1862, bertepatan dengan 13 Ramadhan 1278 Hijriah.

Seruan heroik Pangeran Antasari yang menggema; Hidup untuk Allah dan Mati untuk Allah!” Hingga, seluruh rakyat, pejuang-pejuang, para alim ulama dan bangsawan-bangsawan Banjar; dengan suara bulat mengangkat Pangeran Antasari menjadi “Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin”, yaitu pemimpin pemerintahan, panglima perang dan pemuka agama tertinggi.

Tak mengherankan, semangat jihad yang digelorakan Pangeran Antasari membuat arena pertempuran meluas. Keberhasilan pasukan Banjar dan Dayak ini terbukti saat kedua belah berhadapan. Teknologi alat persenjataan juga dikenal dalam Perang Banjar.

Terbukti, adanya Lanting Kotamara semacam panser terapung di Sungai Barito, berhadapan dengan Kapal Celebes, dekat pulau Kanamit, Barito Utara. Lalu, Pangeran Antasari dengan 300 prajuritnya menyerang tambang batubara milik Belanda di Pengaron pada 25 April 1859, terbukti merepotkan Belanda. Dari beberapa referensi disebutkan, kekalahan Belanda sempat menjadi olok-olokan masyarakat Eropa. Itu ketika pasukan terlatihnya tak mampu mengalahkan ‘serdadu bar-bar’ dalam Perang Banjar.

Strategi perang yang dimainkan Pangeran Antasari bersama panglima dan pengikut setia juga terbukti mampu menyerang pos-pos Belanda di Martapura, Hulu Sungai, Riam Kanan, Tanah Laut, Tabalong, sepanjang sungai Barito sampai ke Puruk Cahu. Semua ini berkat tekad Pangeran Antasari tak berhenti berjuang dan tak mau menyerah. Amanat dari Pangeran Hidayatullah untuk melanjutkan perjuangan benar-benar dijalankan Pangeran Antasari dengan rasa tanggung jawab penuh kepada Allah dan rakyat.

Sosok Pangeran Antasari juga mampu menyatukan elemen rakyat tak hanya Kesultanan Banjar. Dia juga menjadi pemimpin Suku Ngaju, Maanyan, Siang, Sihong, Kutai, Pasir, Murung, Bakumpai dan beberapa suku lainya yang berdiam di kawasan dan pedalaman atau sepanjang Sungai Barito.

Jalur perang dan diplomasi yang ditempuh Belanda juga gagal di era Pangeran Antasari. Dalam suratnya yang ditujukan kepada Letnan Kolonel Gustave Verspijck di Banjarmasin tertanggal 20 Juli 1861, menggambarkan tuntutan sang pahlawan ini adalah hak pusaka kemerdekaan bagi Tanah Banjar.

Hingga ajal menjemput ketika Pangeran Antasari tergolek lemah karena sakit di tengah perang yang masih berkecamuk. Sang pemimpin ini menghembuskan nafas terakhir pada 11 Oktober 1862 di Tanah Kampung Bayan Begok, Sampirang. Hari itu diperingati rakyat Kalimantan Slatan sebagai hari wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari.

Namun, perjuangan Pangeran Antasari dalam mengusir penjajah tetap dilanjutkan putranya, Sultan Muhammad Seman dan Mangkubumi Panembahan Muda (Pangeran Muhammad Said) serta cucunya, Pangeran Perbatasari (Sultan Muda) dan Ratu Zalecha.

Nama Pangeran Antasari pun abadi. Walau jasad terkubur di Taman Makam Perang Banjar di Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, toh sang Khalifah Tanah Banjar ini diabadikan dan disematkan pada nama Korem 101/Antasari, UIN Antasari, jalan, pasar dan lainnya. Teranyar, pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) mencetak uang kertas lembaran Rp 2.000 untuk mengenang jasanya dalam menumbuhkan semangat heroik dan nasionalisme.(jejakrekam)

Continue Reading...

SEJARAH PANGERAN ANTASARI ( 1797 - 1862 )

Tidak ada komentar:


Pangeran Antasari – Tahukah kalian Biografi Pangeran Antasari yang merupakan salah seorang Pahlawan Nasional yang memperjuangkan tanah dari penjajahan Belanda di daerah Banjar, Kalimantan Selatan pada abad ke-19 M. Dia dikenal baik oleh pribumi setempat sebagai salah seorang pemuka agama dan pemimpin umat Islam tertinggi di daerah Banjar bagian utara (Muara Taweh, dll). 

Sebagai seorang tokoh yang sangat berpengaruh, biografi Pangeran Antasari menarik untuk dipelajari bersama. Selama kehidupannya, Pangeran Antasari tidak lepas dari sepak terjang Belanda yang menguasai daerah-daerah di sekitar wilayahnya. 

Belanda melakukan politik devide et impera atau politik adu domba, yakni upaya untuk memecah-belah kelompok-kelompok pribumi sehingga dapat dengan mudah dikuasainya. Sehingga perlawanan pribumi pada masa itu cukup sulit karena harus menghindari terjebak dalam sistem adu domba yang diterapkan Belanda. 

Membahas mengenai Kehidupan Pangeran Antasari akan lebih lengkap bila mengulas biografi Pangeran Antasari secara singkat beserta bagaimana dinamika kehidupan yang dilaluinya. Selain itu, peran-perannya sebagai tokoh masyarakat menjadi kajian penting yang tidak dapat dipisahkan pada pembahasan ini. 

Pada waktu kecil, Pangeran Antasari dididik untuk terbiasa hidup di luar wilayah kerajaan atau berbaur dengan masyarakat kecil. Sehingga tidak heran jika Pangeran Antasari memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selain itu, oleh ayahnya, Pangeran Antasari dididik untuk anti pada penjajahan Belanda, sehingga dia memiliki tekad kuat untuk tidak gentar melawan penindasan yang dilakukan oleh Belanda. 

Sebagai seseorang keturunan bangsawan yang sering hidup dilingkungan rakyat kecil, dia begitu paham mengenai perasaan dan penderitaan rakyatnya yang merasa tertindas oleh Belanda. 

Suatu saat Belanda mengintervensi pemerintahan Kesultanan Banjar dengan mengangkat Sultan Tajmid sebagai Sultan Kerajaan Banjar, padahal yang layak naik tahta adalah Sultan Hidayat. Sultan Tajmid adalah seseorang yang tidak disukai oleh rakyat karena kedekatan dan keberpihakannya kepada Belanda. 

Setelah interverensi kekuasaan, Belanda juga melakukan pelemahan terhadap Kesultanan Banjar dengan melakukan adu domba, sehingga banyak dari keluarga kesultanan yang bercerai-berai dan bermusuhan. Melihat hal tersebut, Pangeran Antasari membela hak-hak Sultan Hidayat dan bersekutu dengan kepala-kepala suku di daerah hulu sungai. Pangeran Antasari dan rakyat Banjar bertekad untuk mengusir Belanda tanpa kompromi. 

Perlawanan pertamanya yang dilakukan untuk menyerang Belanda adalah menyerbu tambang batu bara di wilayah Pengaron yang selanjutnya dikenang dengan nama Perang Banjar. Pangeran Antasari telah mampu mengorbankan semangat dan perlawanan yang kuat dari rakyat Banjar sehingga membuat pihak Belanda kewalahan. Sampai pada akhirnya Belanda berniat untuk membujuk Pangeran Antasari, namun dia tetap melakukan perlawanan. 
Jasa Perjuangan Pangeran Antasari Sebagai Tokoh Masyarakat 

Sebagai tokoh panutan masyarakat, Pangeran Antasari memiliki andil yang sangat besar. Peran-perannya mencakup dalam beberapa hal yang sangat berpengaruh, yakni : 
1. Seorang Pemuka Agama

Pangeran Antasari dikenal sebagai ulama yang begitu faham akan nilai-nilai Islam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini membuat banyak masyarakat di sekitarnya meneladaninya dan belajar Agama Islam lebih dalam kepadanya. 

Selain itu, Pangeran Antasari juga memiliki spirit perjuangan yang dilandasi nilai-nilai Islam terbukti dengan ucapannya yang menginspirasi lainnya, yakni : “Hidup untuk Allah dan Mati untuk Allah”. 


2. Penghubung Aspirasi Rakyat 


Karena terbiasa hidup dengan rakyat kecil, Pangeran Antasari begitu paham mengenai keinginan rakyatnya. Sebagian rakyat merasa bahwa komunikasi antara rakyat dan pihak kerajaan ada sedikit batasan-batasan tertentu. Sehingga untuk menyampaikan pesan atau keluhan harus ada perantara yang menghubungkan dengan pihak kerajaan. 

Pangeran Antasari menjadi penyampai pesan aspirasi rakyat kepada istana kesultanan. Dengan ini, apa yang menjadi keluhan atau keinginan masyarakat dapat tersampaikan dengan baik, sehingga ada kedekatan antara penguasa dengan rakyat 


3. Pemersatu Rakyat 


Pangeran Antasari tidak hanya dekat dengan suku-suku tertentu saja, tetapi semua suku di daerah Banjar, sehingga beliau tahu bagaimana karakteristik suku satu dengan suku lainnya. Dia telah berhasil mempersatukan suku satu dengan suku lainnya, terutama ketika menghadapi penindasan oleh pasukan-pasukan Belanda. Semua rakyat bersatu karena semakin sadar akan mudah diadu domba oleh Belanda jika berpecah-belah. 


4. Membela Hak-Hak Rakyat 


Pangeran Antasari juga dikenal sebagai tokoh pembela hak-hak rakyat yang tertindas. Seringkali Pangeran Antasari mengecam dan menentang tindakan Belanda yang semena-mena. Hal ini juga mendorong rakyat untuk melakukan perlawanan atas tindakan Belanda yang semena-mena. 

Pangeran Antasari juga membela hak Pangeran Hidayat ketika Pangeran Hidayat disingkirkan secara politis oleh Belanda atas kedudukannya sebagai pewaris tahta yang oleh Belanda digantikan dengan Sultan Tajmid yang lebih pro kepada Belanda. Pembelaan ini mampu mengobarkan semangat Pangeran Hidayat dan rakyat Banjar untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda. 


5. Panglima Perang Yang Gigih 


Kegigihan Pangeran Antasari sebagai Panglima Perang tidak diragukan lagi. Dia berusaha keras untuk menerobos pertahanan Belanda dengan tekad yang kuat. Bahkan ketika dibujuk oleh Belanda untuk menyerah, dia tidak goyoh dan terus melakukan perlawanan. 

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi rakyat-rakyatnya. Kegigihan Pangeran Antasari pun juga ditiru oleh rakyat-rakyat Banjar di generasi berikutnya 

Itulah sekilas pengetahuan mengenai biografi Pangeran Antasari beserta perjalanan hidupnya. Pangeran Antasari dikenal masyarakat sebagai Pemimpin umat Islam tertinggi di wilayah Banjar, Kalimantan Selatan. Dia terkenal dalam membela hak-hak rakyat dan kegigihannya dalam melawan penindasan Belanda. 

Selain biografi Pangeran Antasari, ada hal-hal lain yang menarik untuk dipelajari, yakni peran-perannya. Pangeran Antasari memiliki peran yang besar bagi masyarakat Banjar. Peran-peran yang dilakukannya menjadikan dirinya sebagai tokoh panutan yang tetap menginspirasi generasi-generasi di masa selanjutnya.






Continue Reading...

Rabu, 10 April 2019

Pesilat Dede

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

Pesita Dafa

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

PESILAT RAMA DAN ALYA SD ISLAm SABILAL MUHTADIN

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

Persiapan O2 SN 2019 SD Islam Sabilal Muhtadin

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

Minggu, 07 April 2019

ISRAK MI'RAJ PART ONE (1)

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

Sabtu, 02 Maret 2019

Latihan ujian PKn Kelas 6

Tidak ada komentar:

Latihan ujian  PKn Kelas 6
I. Berilah tanda (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling benar!

1. Tujuan dan cita-cia Bangsa Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 pada alinea ….
a. kesatu   
b. kedua   
c. ketiga   
d. keempat

2. BPUPKI dibubarkan dan diganti menjadi PPKI pada tanggal ….
a. 27 Agustus 1945    
b. 7 Agustus 1945
c. 1 Juli 1945    
d. 29 Mei 1945

3. BPUPKI melaksanakan sidang kedua pada tanggal ....
a. 6 Agustus – 19 Agustus 1945       
b. 1 Juni - 1 Juli 1945
c. 10 Juli – 17 Juli 1945           
d. 29 Mei – 1 Juni 1945.

4. Tiga tokoh Indonesia yang mengusulkan dasar negara pada waktu sidang BPUPKI yaitu ....
a. Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Muhammad Yamin   
b. Muhammad Hatta, Muhammad Yamin, Prof. Dr. Supomo
c. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Supomo, dan Ir. Soekarno
d. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Supomo, dan Mr. Ahmad Subarjo

5. Panitia Perancang Undang-Undang Dasar beranggotakan ... orang
a. enam   
b. delapan
c. tujuh               
d. sembilan

6. Nilai yang dicontohkan para perumus Pancasila kepada kita tentang menghargai pendapat orang lain adalah ….
a. kebersamaan                
b. toleransi
c. kerja keras                        
d. musyawarah

7. Sila pertama dasar Negara dalam piagam Jakarta sebelum diubah berbunyi ….
a. Persatuan Indonesia 
b. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
c. Ketuhanan Yang Maha Esa
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

8. Hari lahirnya Pancasila pada tanggal ….
a. 1 Juni 1945              
b. 1 April 1945
c. 1 Juli 1945          
d. 29 Mei 1945

9. Panitia perumusan dasar negara dikenal dengan nama . . .
a. Panitia Tujuh
b. Panitia Sembilan
c. Panitia Penghalus Bahasa
d. Panitia Proklamasi

10. Nama Pancasila sebagai dasar negara diusulkan oleh . . .
a. Muh. Yamin
b. IR. Soekarno
c. Moh. Hatta
d. Mr. Soepomo

11. Kata Pancasila berasal dari bahasa ...
a. Sansekerta
b. Kawi
c. Jawa
d. Yunani

12. Hukum di Indonesia bersumber pada ....
a. Peraturan Pemerintah
b. Pancasila dan UUD 1945
d. Tap MPR
d. Peraturan Perundang-undangan

13. Dokuritsu Junbi Inkai merupakan nama lain dari ....
a. BPUPKI
b. PPKI
C. PKI
d. BPPPKI

14. Sikap berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara disebut ...
a. nasionalisme
b. chauvinisme
c. fanatisme
d. patriotisme

15. Alasan pembubaran BPUPKI adalah . . . . . .
a. BPUPKI hanya badan bentukan Jepang
b. Diganti PPKI
c. BPUPKI tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik
d. BPUPKI telah selesai melaksanakan tugasnya

16. Salah satu hasil sidang PPKI I adalah ...
a. menetapkan departemen dan menteri-menterinya
b. mengesahkan rancangan undang-undang dasar sebagai UUD RI
c. membentuk Partai Nasional Indonesia
d. mengusulkan dibentuknya tentara nasional

17. Salah satu rumusan dasar negara menurut Ir. Soekarno yaitu ...
a. Keadilan sosial
b. Kesejahteraan sosial
c. Kekeluargaan
d. Ketuhanan Yang Maha Esa

18. Di bawah ini yang bukan anggota Panitia Sembilan adalah ...
a. Moh. Hatta
b. KH. Wahid Hasyim
c. Muh. Yamin
d. KH. Ahmad Dahlan

19. Ketua PPKI adalah . . .
a. Drs. Moh Hatta
b. Muh. Yamin
c. Ir. Soekarno
d. Adam Malik

20. Bangsa yang besar adalah bangsa yang ...
a. bisa menghargai jasa pahlawannya
b. mengagungkan pemimpinnya
c. selalu bersatu
d. mencintai tanah airnya

21. Pernyataan di bawah ini yang merupakan alasan dibubarkannya BPUPKI adalah ...
a. BPUPKI hanya badan bentukan Jepang
b. BPUPKI tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik
c. Ingin menghapus kesan kemerdekaan Indonesia pemberian Jepang
d. BPUPKI telah selesai melakukan tugasnya

22. Pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945, BPUPKI melakukan sidang. Sidang tersebut membahas tentang ....
a. perumuskan UUD 1945
b. perumuskan dasar negara
c. perumuskan tujuan negara
d. memilih presiden dan wakil presiden

23. Penyebab utama Jepang menyerah kepada Sekutu adalah ....
a. kekalahan Jerman dan Italia  di Eropa
b. perlawanan sengit rakyat Indonesia
c. Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Sekutu
d. banyak tentara Jepang yang tewas karena perang

24. Ketua BPUPKI adalah ....
a. Ir. Soekarno
b. Radjiman Widyodiningrat
c. Soegondo Djoyo puspito
d. Drs. Moh. Hatta

25. Perumusan Pancasila yang dipakai dan disahkan adalah yang tercantum dalam ....
a. Piagam Jakarta
b. Pembukaan UUD 1945
c. Sumpah Palapa
d. Sumpah Pemuda

26. Tokoh berikut yang ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1973 adalah ....
a. K.H. Wahid Hasyim
b. Mohammad Hatta
c. K.H. Agus Salim
d. Muhammad Yamin

27. Di bawah ini yang bukan tokoh perumus Pancasila adalah ....
a. Muhammad Yamin
b. Moh. Hatta
c. Mr. Soepomo
d. Ir. Soekarno

28. Cinta tanah air dapat diwujudkan dengan sikap ....
a. menghargai pendapat orang lain
b. gotong-royong membersihkan lingkungan
c. menjaga toleransi antar umat beragama
d. memakai barang-barang produksi dalam negeri

29. Diaz menyelesaikan masalahnya dengan tanpa kekerasan. Tindakan tersebut merupakan wujud dari ....
a. jiwa kepahlawanan
b. rela berkorban
c. cinta tanah air
d. mengutamakan persatuan dan kesatuan

30. Pendapat tiap orang harus kita hargai. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia menjunjung tinggi persamaan ....
a. hak
b. derajat
c. kewajiban
d. kedudukan


II. Isilah titik-titik pada pernyataan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. BPUPKI adalah singkatan dari ....
2. Nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman bagi ....
3. PPKI melaksanakan sidang pertama pada tanggal ....
4. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila berasal dari ....
5. Masa sidang I BPUPKI dikenang sebagai detik-detik lahirnya ….
6. Tokoh yang mengemukakan pendapatnya tentang asas dasar negara kebangsaan Indonesia pada tanggal 29 Mei 1945 adalah ....
7. Dalam bahasa Jepang BPUPKI disebut  ….
8. Tiga orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai dasar Negara Indonesia pada sidang BPUPKI adalah ….
9. Sidang pertama PPKI menetapkan adanya ....
10. Pancasila mempunyai  arti  ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah Ini dengan tepat !

1. Sebutkan tujuan pemerintah Jepang membentuk BPUPKI ?
2. Sebutkan tokoh-tokoh yang termasuk dalam panitia sembilan !
3. Bagaimanakah rumusan dasar negara yang diajukan oleh Muhammad Yamin ?
4.Sebutkan tugas PPKI !
5. Bagaimana cara kita meneladani nilai-nilai para tokoh perumus Pancasila?

Download Soal UTS PKn Kelas 6 Semester 1

Kunci Jawaban
Room I
1.d  2.b  3.c  4.b  5.c  6.b  7.b  8.a  9.b  10.b  11.a  12.b  13.b  14.d  15.d  16.b  17.b  18.d  19.c  20.a  21.d  22.b  23.c  24.b  25.a  26.d  27.b  28.d  29.d  30.a


Room II
1. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
2. seluruh bangsa Indonesia
3. 18 Agustus 1945
4. rumusan Muh Yamin, DR. Soepomo dan Ir. Soekarno
5. Pancasila
6. Muh Yamin
7. Dokuritsu Junbi Chosakai
8. Muhammad Yamin, DR. Soepomo dan Ir. Soekarno
9. Konstitusi negara Indonesia
10. Lima prinsip atau asas

Room III
1. BPUPKI dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia

2. Anggota Panitia Sembilan yaitu :
1.    Ir. Soekarno (ketua)
2.    Drs. Mohammad Hatta (wakil ketua)
3.    Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
4.    Mr. Mohammad Yamin (anggota)
5.    KH. Wahid Hasjim (anggota)
6.    Abdoel Kahar Moezakir (anggota)
7.    Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota)
8.    H. Agus Salim (anggota)
9.    Mr. Alexander Andries Maramis (anggota)

3. Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Muhammad Yamin secara lisan
1.    Peri kebangsaan
2.    Peri kemanusiaan
3.    Peri Ketuhanan
4.    Peri kerakyatan
5.    Kesejahteraan rakyat
Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Muh. Yamin secara tertulis 
1.    Ketuhanan Yang Maha Esa
2.    Kebangsaan Persatuan Indonesia
3.    Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
4.    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.    keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

4. Tugas PPKI adalah :
1. Mengesahkan Undang-Undang Dasar.
2. Memilih dan mengangkat Ir.Soekarno sebgai presiden dan Drs. M. Hatta sebgai wakil presiden.
3. Membentuk komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sebelum DPR dan MPR terbentuk.



5. dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 6 SD/MI dan Kunci Jawaban_Soal UAS pilihan ganda mapel PKn KTSP yang berjumlah 50 butir ini bisa Anda manfaatkan sebagai bahan belajar untuk menghadapi ujian sekolah tahun pelajaran 2016/2017 maupun 2017/2018 dan dapat juga dimanfaatkan untuk bahan latihan soal bagi siswa yang sekolahnya sudah menggunakan kurikulum 2013. Soal Ujian Sekolah mata pelajaran PKn ini juga dilengkapi dengan kunci jawabannya, namun kunci jawabannya saya postingkan di lain halaman agar soal PKn ini bisa digunakan untuk latihan dan selanjutnya bisa melihat kunci jawabannya di halaman blog ini yang lain. Ok, silakan kerjakan soal US PKn di bawah ini.

Berilah Tanda Silang (X) pada Huruf A, B, C, dan/atau D di depan Jawaban yang Paling Tepati!

1. Di sekolah terdapat muatan materi mengenai wayang kulit. Wayang kulit merupakan kebudayaan daerah yang harus dilestarikan. Sebagai siswa yang baik terhadap materi tersebut sebaiknya ....
A. mau mempelajari
B. malas mempelajari
C. malu mempetajari
D. semaunya mempelajari

2 Tiara telah ditetapkan menjadi ketua kelas enam.Itulah hasil keputusan bersama murid kelas 6.Pada saat pemilihan, Roto tidak memilih Tiara.Bagaimana sikap yang mesti diambil Roto?
A. Menolak Tiara sebagai ketua, karena Tiara bukan pilihan Roto.
B. Mengacuhkan Tiara, sebab Tiara dianggapnya tidak akan bisa menjadi ketua kelas yang baik.
C. Menerima Tera sebagai  ketua dengan rendah hati dan penuh rasa tanggung jawab.
D. Terpaksa menerima Tiara daripada dibenci oleh teman-teman sekelas yang mendukung Tiara.

3. Made beragama Hindu di sekolah ia berteman dengan Fauzan yang beragama Islam. Saat belajar kelompok di rumah Made, Fauzan mendengar seruan adzan ia meminta ijin pada Made untuk menjalankan ibadah sholat di masjid terdekat. Sikap Made sebaiknya....
A. Membenci Fauzan karena meninggalkan saat bermain
B. Melarang Fauzan untuk pergi karena belajarnya belum selesai
C. Mempersilahkan Fauzan untuk mengerjakan sholat di masjid
D. Meminta Fauzan untuk tidak mengerjakan sholat dulu karena belajar belum selesai

4. Barata dan Annisa adalah kakak beradik. Barata duduk dikelas V SD sedangkan Annisa duduk di kelas I SD. Saat kenaikan kelas Barata dibelikan sepeda baru untuk bersekolah. Ketika berangkat sekolah perlakuan Barata terhadap Annisa, sebaiknya ....
A. Ditinggal karena Barata takut terlambat sampai disekolah
B. Mengajak Annisa dan memboncengkannya
C. Barata meminta ibunya untuk mengantar Annisa jalan kaki
D. Barata meminta adiknya untuk berangkat lebih awal bersama temannya jalan kaki

5. Asep Wirya merupakan siswa baru pindahan dari Bandung, Jawa Barat.la bersekolah di SD Negeri Mahuju di Kecamatan Buaran. Sikap baik yang dapat ditunjukan teman-teman di SD Negeri Mahuju terhadap Asep Wirya ialah ....
A. berteman
B. menjauhi
C. membenci
D. mencemooh

6. Puteri adalah anak sulung dari pasangan suami istri Pak Budiman dan Bu Widya, la mempunyai adik berusia lima tahun. Ketika ibunya sedang memasak sebaiknya yang dilakukan Puteri ialah ....
A. bermain bersama teman-temannya
B. membantu ibu menunggui adiknya
C. asyik sendiri menonton televisi
D. mengerjakan PRnya

7. Wati duduk dikelas enam, sedangkan adiknya Bayu duduk dikelas empat. Bayu mendapat tugas dari sekolah membuat kerajinan tangan anyaman. Bayu tidak memiliki penggaris, ia meminjam pada Wati kakaknya, sikap baik yang ditunjukan Wati adalah ....
A. meminta Bayu membeli ditoko
B. mengatakan tidak punya penggaris meminjamkan penggarisnya
D. menyuruh adiknya meminjam pada temannya

8. Di sekolah terdapat tiga tempat sampah yaitu tempat sampah organik, non organik, serta logam dan kaca. Yudi siswa kelas enam ketika istirahat membeli jajan yang bungkusnya dari bahan plastik. Setelah selesai makan bungkus makanannya sebaiknya dibuang di ....
A. sembarang tempat
B. tempat sampah organik
C. tempat sampah non organik
D. tempat sampah kaca dan logam

9. Setiap hari Senin sekolah mengadakan upacara penaikan Bendera Merah Putih. Kelengkapan pakaian siswa yang benar dalam mengikuti upacara adalah ....
A. memakai baju putih bawahan merah, bertopi, berdasi dan bersepatu lengkap dengan kaos kaki
B. berseragam putih merah, tidak bertopi dan bersepatu memakai kaos kaki
C. berseragam putih merah, bertopi dan bersepatu tidak berkaos kaki
D. berseragam putih merah, tidak memakai topi dan tidak bersepatu

10. Untuk meningkatkan kesehatan warga, desa Sukamaju mengadakan kegiatan kerjabakti bersih-bersih desa. Pak Waluyo sebagai .salah satu warga desa Sukamaju maka hal yang harus dilakukannya ialah ....
A. tidak ikut kegiatan bersih-bersih dengan memberi uang
B. berpura-pura ada tugas keluar kota dengan kesadaran yang tinggi ikut kerja bakti D. tidak ikut kerja bakti dengan alasan sakit

11. Di Desa Lampar sering terjadi pencurian ternak milik warga. Untuk menjaga keamanan desa diadakan kegiatan ronda. Pada saat kegiatan ronda ada pencuri yang kepergok dan ditangkap warga. Ternyata pencuri itu adalah Panji salah satu warga desa Lampar. Sikap yang benar yang dilakukan warga kepada Panji ialah ....
A. melepaskan karena salah satu warga desanya
B. menghakimi secara adil dengan membawa ke balaidesa
C. menghakimi ramai-ramai bersama warga
D. memukuli beramai-ramai karena ia telah merugikan warga

12. Rambu-rambu lalu lintas di jalan raya merupakan petunjuk dan aturan tata tertib yang ada untuk dipatuhi oleh ....
A. pegawai kantor kecamatan
B. pegawai kantor kabupaten
C. pengguna sepeda ontel
D. pengguna jalan raya

13. Kegiatan gotong-royong masih sangat sering dilakukan masyarakat di pedesaan. Salah satu kegiatan masyarakat yang dilakukan secara gotong-royong ialah ....
A. membuat kolam pemancingan
B. membuat rumah pribadi
C. membangun jembatan desa
D. membangun jalan umum

14. Harjo adalah salah satu pecinta burung kicau.Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian burung kicau yang ada dialam bebas ialah ....
A. menampung dan membeli burung kicau hasil tangkapan
B. menangkap burung kicau yang ada dialam bebas
C. membuat perangkap burung untuk menangkap burung
D. membuat penangkaran dan membudidayakan burung kicau

15. Pada musim penghujan biasanya berkembang berbagai macam jenis nyamuk. Salah satu cara mencegah penyakit yang penularannya melalui nyamuk adalah....
A. menguras dan membersihkan bak mandi minimal dua kali seminggu
B. bersikap tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan
C. membiarkan sampah berserakan disekitar rumah kita
D. membiarkan rumah dan lingkungan sekitar kotor

16. Perilaku masyarakat yang benar ketika musim penghujan tiba ialah ....
A. melakukan kegiatan bersih-bersih selokan
B. membiarkan kaleng bekas yang dapat menampung air
C. membuang sampah ke sungai
D. menebang pohon-pohon pada daerah hulu

17. Keluarga Pak Rahmat akan melaksanakan wisata saat liburan.Dalam menentukan tujuan wisata sebaiknya diputuskan oleh ....
A. ayah
B. ibu
C. kakak tertua
D. musyawarah keluarga

18. Salah satu sikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat adalah ....
A. pemilihan ketua kelas
B. mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah
C. bersikap tertutup dengan lingkungan sekitar
D. mencurahkan isi hati kepada setiap orang

19. Siswa kelas enam yang berjumlah 24 orang sedang bermusy.warah untuk menentukan tujuan wisata lokal dalam kegiatan jeda semester. Aan, Adi, Ali, Ani, Ati dan Azis masing-masing menentukan tujuan wisata yang berbeda, yaitu Aan ke Jatijajar, Adi ke Sempor, Ali ke Suwuk, Ani ke Petanahan, Ati ke BSC dan Azis ke Kerakal. Masing-masing mempunyai jumlah pendukung yang sama. Untuk menghindari kebuntuan, sebaiknya pengambilan keputusan dilaksanakan secara ....
A. voting
B. aklamasi
C. keputusan ketua
D. keputusan pemimpin

20. Sutarmo adalah rakyat yang mempunyai hak memilih. Pada pemilu yang lalu ia datang sendiri ke TPS untuk memberikan suaranya. Asas pemilu yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ....
A. langsung
B. bebas
C. rahasia
D. jujur dan adil

21. Wulan adalah siswa kelas enam SD Negeri Wanagiri. la anak yang mempunyai tabiat yang baik. Setibanya di rumah dari sekolah tindakan Wulan ialah ....
A. tanpa cuci tangan terus makan
B. meletakan tasnya terus pergi bermain
C. tanpa cuci tangan makan sambil menonton televisi
D. meletakan tas, melepas sepatu,cuci tangan terus makan siang

22. Tidak memakai topi pada saat upacara penaikan bendera Merah Putih di sekolah pada hari Senin merupakan tindakan pelanggaran terhadap ....
A. disiplin di sekolah
B. aturan di rumah
C. aturan di rumah ibadah
D. aturan di kantor

23. Wanto memiliki cita-cita sebagai pemain sepak bola profesional.Untuk mewujudkan cita-citanya Wanto harus ....
A. berlatih setiap waktu
B. belajar teknik bermain bola melalui internet dan game
C. berlatih dan ikut sekolah sepak bola
D. malas ikut latihan sepak bola

24. Lembaga negara kita yang memiliki wewenang untuk mencegah dan melawan korupsi ialah ....
A. Mahkamah Agung
B. Komisi Yudisial
C. Badan Pemeriksa Keuangan
D. Komisi Pemberantasan Korupsi

25. Lembaga yang merupakan mitra bupati/wali kota dalam pelaksanaan pemerintahan kabupaten/kota adalah ....
A. DPR
B. DPRD II
C. DPRD I
D. Sekda

26. Berikut ini yang tidak termasuk anggota Muspida adalah ....
A. Kapolsek
B. Kapolres
C. Komandan Kodim
D. Kepala pengadilan negeri

27. DPRD bersama kepala daerah menyusun peraturan daerah merupakan fungsi ....
A. legislasi
B. anggaran
C. pengawasan
D. yudikatif

28. Perangkat Daerah yang tugas dan kewajibannya membantu Kepala daerah dalam menyusun kebijaksanaan, mengoordinasikan dinas dan lembaga daerah dan lembaga teknis daerah dan bertanggung jawab kepada kepala daerah ialah ....
A. Asisten daerah
B. Bupati
C. Sekretaris daerah
D. Perangkat daerah

29. Lembaga Peradilan di tingkat provinsi adalah ....
A. Pengadilan Negeri
B. Pengadilan Tinggi
C. Kejaksaan Negeri
D. Kejaksaan Tinggi

30. Lembaga yang menyelenggarakan Pilkada tingkat kabupaten adalah ....
A. KPPI
B. DPRD
C. KPUD
D. KPU

31. Panitia Pemilihan Kecamatan berkedudukan di Kecamatan, mempunyai tugas ....
A. menghitung suara dari seluruh TPS
B. membantu tugas KPUD dalam melaksanakan Pilkada
C. melakukan pendaftaran pemilih
D. membuat berita acara hasil penghitungan suara

32. Perhatikan daftar lembaga negara di bawah ini!
1. MA
2. MK
3. KY
4. KPK
Lembaga negara yang memiliki tugas memutuskan perselisihan mengenai hasil Pemilu ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

33. Presiden mempunyai hak memberikan pemulihan nama baik pada seseorang atau sekelompok orang atas pertimbangan Mahkamah Agung. Hak yang dimaksud adalah ....
A. rehabilitasi
B. grasi
C. abolisi
D. amnesti

34. Lembaga peradilan yang berwenang mengadili pada tingkat kasasi adalah ....
A. Mahkamah Konstitusi
B. Komisi YUdisial
C. Mahkamah Agung
D. Pengadilan Tinggi

35. Perhatikan daftar tugas lembaga negara berikut!
1. Melantik Presiden dan Wakil Presiden
2. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
3. Mengusulkan pengangkatan Hakim Agung
4. Memutuskan pembubaran partai politik
Tugas dari BPK ditunjukkan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

36. Untuk memungkinkan terjadinya proses peralihan kepemimpinan pemerintahan secara tertib dan damai adalah tujuan dari ....
A. demonstrasi
B. kampanye
C. jajak pendapat
D. pemilu

37. Pemilu di Indonesia dilaksanakan setiap ....
A. 5 tahun sekali
B. 6 tahun sekali
C. 7 tahun sekali
D. 8 tahun sekali

38. Berikut ini yang tergolong tindakan menjaga keutuhan NKRI adalah ....
A. memusuhi umat agama lain
B. melanggar peraturan yang ada
C. menghormati teman yang berbeda suku
D. membuat kerusuhan pada hari besar agama lain

39. Tindakan yang dapat membahayakan keutuhan negara Indonesia adalah ....
A. menghormati phrbedaan yang ada
B. menjaga persamaan dan kebersamaan
C. mendirikan negara baru
D. menaati hukum yang berlaku

40. Cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada. Salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam Sumpah Pemuda adalah ....
A. agama
B. Bahasa Indonesia
C. warna kulit
D. suku

41. Anida adalah anak seorang pengusaha. Ketika liburan sekolah ia diajak berlibur ke luar negeri oleh ayahnya. la melihat barang-barang yang bagus, sikap Anida sebaiknya ....
A. membeli seperlunya saja, karena Anida cinta produk dalam negeri
B. membeli yang banyak untuk dipamerkan ke teman-temannya
C. membeli yang banyak untuk dijual lagi di Indonesia
D. membeli meskipun mahal

42. Menurut tingkatannya, peraturan perundang-undangan tertinggi di Indonesia adalah ....
A. UUD 1945
B. UU
C. Perpu
D. Keppres

43. Berikut ini yang merupakan manfaat dari peraturan perundang-undangan adalah ....
A. menguntungkan pemerintah dan menyengsarakan rakyat
B. membatasi rakyat agar tidak melawan pemerintah
C. mengatur perikehidlipan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat
D. memberi kebebasan semua orang untuk berbuat semaunya

44. Banyak anak muda sekarang yang meniru kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Hal itu sebaiknya kita ....
A. ikuti
B. tiru
C. hindari
D. teladani

45. ....

46. Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila ditunjukkan melalui ....
A. para tokoh bangsa memiliki gagasan yang berbeda
B. masing-masing berusaha agar usulan/gagasan mereka yang diterima
C. para tokoh bangsa bekerja keras dan bahu-membahu menyumbangkan buah pikiran mereka
D. mengikuti kehendak pemimpin untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

47. Kerja sama dalam penanggulangan masalah narkotika dan obat terlarang merupakan kerja sama ASEAN dalam bidang ....
A. sosial
B. ekonomi
C. politik
D. budaya

48. Sepuluh prinsip pokok yang dihasilkan dalam Konferensi Asia-Afrika dinamakan ....
A. Deklarasi Bangkok
B. Deklarasi Juanda
C. Dasasila Jakarta
D. Bandung Declaration

49. Politik luar negeri yang dianut di Indonesia adalah bebas aktif. Aktif artinya ....
A. turut aktif dalam menjajah negara yang lemah
B. turut aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia
C. turut aktif dalam organisasi PBB
D. turut aktif dalam mencampuri ideologi negara lain

50. Perhatikan daftar di bawah ini!
1. Indonesia
2. Ghana
3. Sri Langka
4. Yugoslavia
5. Myanmar
Dari daftar di atas, yang merupakan negara pemrakarsa Gerakan Non Blok ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 2, dan 4



Soal UTS PKn SD Kelas 6 Semester 1 dan Kunci Jawaban

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!

1. Badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia dibentuk pada tanggal ….
a. 1 April 1945              
b. 1 Juni 1945  
c. 1 Maret 1945        
d. 21 Maret 1945

2. Hari lahirnya Pancasila pada tanggal ….
a. 1 Juni 1945              
b. 1 April 1945
c. 1 Juli 1945          
d. 29 Mei 1945

3. BPUPKI dibubarkan oleh pemerintah penduduk Jepang pada tanggal ….
a. 27 Agustus 1945    
b. 7 Agustus 1945
c. 1 Juli 1945    
d. 29 Mei 1945

4. Ketua BPUPKI adalah ….
a. Ir. Soekarno            
b. Mr. Moh Yamin  
c. Drs. Moh Hatta  
d. Dr Rajiman Wedyodiningrat

5. Keputusan terbaik harus lahir atas dasar ….
a. suara terbanyak    
b. kata mufakat
c. kehendak  pimpinan        
d. aspirasi rakyat

6. Hasil keputusan harus dilaksanakan dengan ….
a. berpikir-pikir dahulu
c. penuh tanggung jawab dan ikhlas
b. seenaknya
d. berat hati

7. Urutan sila-sila dari Pancasila sesuai dengan ….
a. alinea 4 Pembukan UUD 1945
c. usulan Supomo
b. usulan Ir. Soekarno
d. usulan sidang BPUPKI

8. Badan yang menggantikan BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. BPUPKI                  
b. BPPPKI
c. PPKI                  
d. PKI

9. Nilai yang dicontohkan para perumus Pancasila kepada kita tentang menghargai pendapat orang lain adalah ….
a. kebersamaan                
b. toleransi
c. kerja keras                        
d. musyawarah

10. Butir pertama dasar Negara dalam piagam Jakarta sebelum diubah berbunyi ….
a. Persatuan Indonesia
b. Ketuhanan dengan kewajiban    menjalankan   syariat Islam bagi pemeluknya
c. Ketuhanan Yang Maha Esa
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal  ….
2. BPUPKI singkatan dari  ….
3. Dalam bahasa Jepang BPUPKI disebut  ….
4. Hasil sidang panitia  Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 adalah rumusan yang disebut ….
5. Pancasila mempunyai  arti  ….
6. Ketua Panitia Sembilan adalah   ….
7. Tiga orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai dasar Negara Indonesia pada sidang BPUPKI adalah ….
8. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti ….
9. Nilai juang yang bisa diteladani dari para perumus pancasila antara lain  ….
10. Perbedaan suku, bangsa dan budaya bukan menjadi penghalang untuk  ….

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan apa yang menjadi tugas BPUPKI!
2. Sebutkan 9 panitia sembilan!
3. Bagaimana cara menerima keputusan bersama dengan ikhlas?
4. Apa yang kamu lakukan jika sedang bermain bersama, tiba-tiba ada temanmu minta izin dulu untuk melaksanakan sholat?
5. Jika tetanggamu mengalami musibah, apa yang kamu lakukan bersama tema-temanmu?

Continue Reading...