Latest Posts

Sabtu, 12 September 2015

LATIHAN MATEMATIKA 1.

Tidak ada komentar:
Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat komutatif pada penjumlahan.
1. 13 + 27 = . . . . + 13
2. 15 + 68 = 68 + . . . .
3. 125 + 275 = . . . . + 125
4. 200 + 300 = 300 + . . . .

5. 154 + 207 = . . . . + 154
6. 43 + 69 = 69 + . . . .
7. . . . . + 465 = 465 + 212
8. 345 + . . . . = 220 + 345
9. 212 + . . . . = 488 + 212
10. . . . . + 195 = 195 + 210

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat komutatif pada perkalian.

1. 8 × 10 = . . . . × 8
2. 9 × 7 = 7 × . . . .
3. 12 × 14 = . . . . × 12
4. 20 × 35 = . . . . × 20
5. . . . . × 107 = 107 × 8
6. 43 × 10 = 10 × . . . .
7. . . . . × 43 = 43 × 5
8. 145 × . . . . = 5 × 145
9. 52 × 10 = . . . . × 52
10. . . . . × 450 = 450 × 2

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat asosiatif pada penjumlahan.
1. (2 + 3) + 5 = . . . . + (3 + 5)
2. (4 + 6) + 10 = 4 + (. . . . + 10)
3. (121 + . . . .) + 122 = 121 + (112 + 122)
4. (44 + 334) + 66 = 44 + (334 + . . . .)
5. 90 + (56 + 45) = (90 + . . . .) + 45
6. 23 + (75 + . . . .) = (23 + 75) + 52
7. 138 + (61 + 12) = (138 + . . . .) + 12
8. . . . . + (219 + 21) = (46 + 219) + 21



Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat asosiatif pada perkalian.
1. (. . . . × 12) × 22 = 21 × (12 × 22)
2. (4 × 66) × 5 = 4 × (. . . . × 5)
3. (10 × . . . .) × 95 = 10 × (2 × 95)
4. (15 × 25) × 5 = . . . . × (25 × 5)
5. 8 × (12 × . . . .) = (8 × 12) × 5
6. 5 × (8 × 20) = (5 × . . . .) × 20
7. 41 × (7 × 85) = (. . . . × 7) × 85
8. . . . . × (5 × 11) = (32 × 5) × 11

Lengkapi titik-titik berikut ini agar sesuai dengan sifat distributif.
1. 10 × (3 + 7) = (10 × . . . .) + (10 × . . . .)
2. 25 × (10 + . . . .) = (25 × . . . .) + (25 × 5)
3. 121 × (. . . . + 9) = (121 × 11) + (121 × . . . .)
4. 200 × (4 + . . . .) = (200 × . . . .) + (200 × 6)
5. 150 × (. . . . + . . . .) = (150 × 8) + (150 × 2)
6. 13 × (5 – 2) = (13 × . . . .) – (13 × . . . .)
7. 25 × (. . . . – 3) = (25 × 7) – (25 × . . . .)
8. 45 × (. . . . – 5) = (45 × 10) – (45 × . . . .)
9. 9 × (4 – . . . .) = (9 × . . . .) – (9 × 1)
10. 21 × (3 – 6) = (21 × . . . .) – (21 × . . . .)

Mari mengerjakan soal berikut menggunakan gabungan sifat komutatif dan asosiatif.
1. 59 + 38 + 51 6. 20 × 27 × 5
2. 30 + 90 + 70 7. 25 × 16 × 4
3. 160 + 25 + 40 8. 2 × 38 × 50
4. 250 + 500 + 750 9. 8 × 23 × 125
5. 336 + 789 + 664 10. 25 × 17 × 40


Mari mengerjakan soal berikut menggunakan sifat distributif.
1. (45 × 26) + (45 × 74)
2. (23 × 19) – (23 × 9)
3. (36 × 27) + (64 × 27)
4. 69 × 1.001
5. 125 × 18

Mari membaca dan menuliskan bilangan berikut.
1. 2.471
2. 5.964
3. 9.038
4. empat ribu seratus dua puluh satu
5. lima ribu enam ratus sebelas
6. dua ribu enam ratus enam belas
7. seribu ribu lima puluh delapan
Mari menuliskan bentuk panjang bilangan berikut.
1. 2.371 = . . . . + . . . . + . . . . + . . . .
3.049 = . . . . + . . . . + . . . . + . . . .
4.816 = . . . . + . . . . + . . . . + . . . .
6.530 = . . . . + . . . . + . . . . + . . . .
5. 8.647 = . . . . + . . . . + . . . . + . . . .
Mari kita bandingkan bilangan-bilangan berikut dengan memberi tanda lebih besar (>), lebih kecil (<), atau sama dengan (=).1. 2.538 .... 2.532 4. 2.121 .... 2.222
2. 3.275 .... 3.293 5. 5.446 .... 4.664
3. 5.157 .... 5.428 6. 8.004 .... 8.541
Mari kita urutkan bilangan-bilangan berikut.
1. 2.300, 2.299, 2.302, 2.298, 2.301
2. 4.543, 4.541, 4.545, 4.544, 4.542
3. 1.012, 1.042, 1.002, 1.022, 1.023
4. 8.548, 8.148, 8.348, 8.248, 8.448
5. 7.899, 4.899, 5.899, 6.899, 8.899

Kalikan bilangan berikut dengan menggunakan cara susun pendek dan susun panjang.
1. 25 × 3 11. 21 × 15
2. 36 × 5 12. 16 × 24
3. 48 × 8 13. 32 × 11
4. 56 × 6 14. 25 × 32
5. 82 × 7 15. 20 × 13
6. 104 × 5 16. 33 × 21
7. 205 × 3 17. 45 × 12
8. 212 × 4 18. 19 × 25
9. 107 × 9 19. 36 × 17
10. 333 × 2 20. 24 × 34

Mari menghitung hasil pembagian tanpa sisa berikut ini.
1. 48 : 3 6. 156 : 12
2. 76 : 4 7. 180 : 15
3. 160 : 5 8. 224 : 14
4. 133 : 7 9. 304 : 16
5. 108 : 9 10. 378 : 21

Mari menentukan pecahan campuran hasil dari pembagian berikut ini.
1. 30 : 7 6. 105 : 11
2. 36 : 5 7. 160 : 15
3. 50 : 4 8. 245 : 12
4. 68 : 8 9. 290 : 16
5. 100 : 3 10. 350 : 20
Mari menyelesaikan soal-soal berikut.
1. 25 – 13 + 123 = . . . .
2. 794 + 521 – 1.250 = . . . .
3. 368 + 992 – 725 = . . . .
4. 1.250 – 350 + 250 = . . . .
5. 789 – 654 + 123 = . . . .
6. 32 : 6 × 15 = . . . .
7. 4 × 625 : 25 = . . . .
8. 1.000 × 250 : 500 = . . . .
9. 625 : 125 × 250 = . . . .
10. 2.100 : 350 × 1.000 = . . . .



Mari menyelesaikan operasi hitung campuran berikut.
1. 34 × 17 + 635
2. 1243 + 61 × 48
3. 6.844 : 4 – 1235
4. 7.836 – 1.364 : 22
5. 5.732 + 1.944 : 54
6. 360 : (18 + 12)
7. (450 + 175) : 25
8. 25 × 12 – 50 + 500 : 2
9. 906 – 750 : 125 × 5 + 500
10. 100 : (75 – 25) × 250 + 500

Mari membulatkan bilangan ke satuan terdekat.
1. 3,2 dibulatkan menjadi . . . .
2. 6,9 dibulatkan menjadi . . . .
3. 12,7 dibulatkan menjadi . . . .
4. 14,4 dibulatkan menjadi . . . .
5. 20,3 dibulatkan menjadi . . . .
6. 24,5 dibulatkan menjadi . . . .
7. 76,4 dibulatkan menjadi . . . .
8. 84,6 dibulatkan menjadi . . . .
Mari membulatkan bilangan ke puluhan terdekat.
1. 46 dibulatkan menjadi . . . .
2. 52 dibulatkan menjadi . . . .
3. 65 dibulatkan menjadi . . . .
4. 84 dibulatkan menjadi . . . .
5. 128 dibulatkan menjadi . . . .
6. 244 dibulatkan menjadi . . . .
7. 365 dibulatkan menjadi . . . .
8. 496 dibulatkan menjadi . . . .

Mari membulatkan bilangan ke ratusan terdekat.
1. 146 dibulatkan menjadi . . . .
2. 369 dibulatkan menjadi . . . .
3. 423 dibulatkan menjadi . . . .
4. 731 dibulatkan menjadi . . . .
5. 850 dibulatkan menjadi . . . .
6. 964 dibulatkan menjadi . . . .
7. 1.145 dibulatkan menjadi . . . .
8. 2.625 dibulatkan menjadi . . . .

Mari menaksir jumlah nilai uang berikut ini dalam ribuan terdekat.
1. Rp1.750,00 + Rp1.250,00 + Rp950,00
2. Rp2.825,00 + Rp3.450,00 + Rp750,00
3. Rp4.275,00 + Rp3.150,00 + Rp1.250,00
4. Rp1.250,00 + Rp2.750,00 + Rp1.725,00
5. Rp5.000,00 + Rp3.650,00 + Rp1.725,00

Mari menaksir penyelesaian masalah berikut.
  1. Ema ikut ibu belanja ke pasar. Mereka membeli kue seharga Rp5.500,00, sayuran seharga Rp3.275,00, dan buah jeruk seharga Rp7.850,00. Berapakah kira-kira uang yang dibelanjakan ibu?
  2. Menik membeli 3 penjepit rambut yang harga setiap buahnya Rp725,00. Setelah itu, ia membeli 2 helai pita rambut dengan harga Rp1.250,00 setiap helai dan sebuah sisir seharga Rp975,00. Berapakah kurang lebih uang yang dibelikan Menik?
  3. Marbun membeli 5 buah jeruk dan 4 buah apel. Jika harga setiap buah jeruk dan apel masing-masing adalah Rp725,00 dan Rp1.250,00, berapakah kira-kira Marbun harus membayar?
  4. Harga sepasang burung merpati Rp8.425,00 dan harga sepasang burung jalak adalah Rp9.775,00. Abid ingin membeli seekor merpati dan seekor jalak. Berapa kira-kira harganya?
  5. Abid membeli baju seharga Rp20.500,00 dan celana Rp15.250,00. Jika Abid membawa uang Rp50.000,00, berapa kira-kira kembaliannya?
Continue Reading...

OPERASI HITUNG CAMPURAN

Tidak ada komentar:
SK, KD, DAN INDIKATOR
STANDAR KOMPETENSI
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.

KOMPETENSI DASAR
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

Indikator
  • Melakukan dan menghitung operasi hitung campuran.
  • Memecahkan soal-soal cerita yang mengndung penjumlahan dan pengurangan.
STANDAR KOMPETENSI

Melakukan Perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.

KOMPETENSI DASAR
Melakukan operasi hitung campuran.

INDIKATOR
  • Mengenal arti operasi hitung campuran
  • Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
KAIDAH HITUNG CAMPURAN
  • Operasi hitung di dalam kurung didahulukan.
  • Level simbol operasi hitung adalah sebagai berikut :
  • Operasi hitung yang levelnya setara dikerjakan sesuai urutan.
  • Operasi hitung yang levelnya lebih tinggi dikerjakan dahulu.
  • Operasi hitung dalam tanda kurung didahulukan. 

5 + ( 8 – 4 ) = ....
5 + 4 = 9
( 12 + 6 ) – 8 = ....
18 - 8 = 10

Contoh :
( 18 + 32 ) – 25 = ....
50 - 25 = 25

LEMBAR KERJA SISWA I

Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ( 23 + 45 ) – 29 = ....
... - ... = ....

2. ( 43 – 25 ) + 57 = ....
... + ... = ....

3. ( 52 + 39 ) – 67 = ....
... - ... = ....

4. ( 72 – 36 ) + 45 = ....
... + ... = ....

5. 59 – ( 21 + 18 ) = ....
... - ... = ....

6. 36 + ( 73 – 42 ) = ....
... + ... = ....

7. 82 – ( 31 + 29 ) = ....
... - ... = ....

8. 47 + ( 59 – 24 ) = ....
... + ... = ....

LATIHAN SOAL I
Kerjakanlah soal-soal berikut !
  1. ( 23 + 46 ) – 33 = ...
  2. ( 73 + 49 ) – 51 = ....
  3. ( 82 + 37 ) – 57 = ....
  4. ( 48 + 39 ) –25 = ....
  5. ( 31 + 52 ) – 35 = ....
  6. ( 73 - 28 ) + 47 = ....
  7. ( 81 - 39 ) + 38 = ....
  8. ( 93 - 36 ) + 62 = ....
  9. ( 71 - 62 ) + 49 = ....
  10. ( 86 - 39 ) + 27 = ....
  11. 78 – ( 23 + 18 ) = ....
  12. 86 – ( 31 + 19 ) = ....
  13. 92 – ( 43 + 24 ) = ....
  14. 69 – ( 19 + 25 ) = ....
  15. 58 – ( 29 + 13 ) = ....
  16. 25 + ( 51 – 36 ) = ....
  17. 42 + ( 92 – 48 ) = ....
  18. 38 + ( 85 – 66 ) = ....
  19. 46 + ( 73 – 54 ) = ....
  20. 52 + ( 52 – 24 ) = ....
PEMBAHASAN MATERI II
Operasi hitung yang levelnya setara dikerjakan sesuai urutan.

63 – 35 + 52 = ....
28 + 52 = 80

46 + 29 - 35 = ....
75 - 35 = 40

6 X 4 : 3 = ....
24 : 3 = 8

12 : 3 X 7 = ....
4 X 7 = 28


LEMBAR KERJA SISWA II.1
1. 25 + 39 – 19 = ....
... - ... = ....

2. 26 + 35 – 34 = ....
... - ... = ....

3. 45 + 39 – 27 = ....
... - ... = ....

4. 84 + 31 – 59 = ....
... - ... = ....

5. 72 + 86 – 97 = ....
... - ... = ....

6. 98 – 32 + 84 = ....
... + ... = ....

7. 86 – 49 + 54 = ....
... + ... = ....

8. 64 – 47 + 69 = ....
... + ... = ....

9. 56 – 38 + 81 = ....
... + ... = ....

10. 81 – 49 + 57 = ....
... + ... = ....

LATIHAN SOAL II.1
  1. 42 +25 – 38 = ....
  2. 54 + 38 – 45 = ....
  3. 45 + 62 – 38 = ....
  4. 54 + 24 – 34 = ....
  5. 73 + 49 – 59 = ....
  6. 81 + 75 – 99 = ....
  7. 68 + 73 – 87 = ....
  8. 55 + 43 – 34 = ....
  9. 94 + 59 - 61 = ....
  10. 88 + 94 - 79 = ....
  11. 81 – 35 + 54 = ....
  12. 76 – 43 + 57 = ....
  13. 83 – 57 + 62 = ....
  14. 42 – 19 + 82 = ....
  15. 76 – 39 + 47 = ....
  16. 34 – 18 + 61 = ....
  17. 79 – 46 + 78 = ....
  18. 99 – 56 + 48 = ....
  19. 67 – 45 + 85 = ....
  20. 43 – 25 + 73 = ....
LEMBAR KERJA SISWA II.2

Contoh :
5 X 4 : 2 = ....
20 : 2 = 10

42 : 6 X 3 = ....
7 X 3 = 21

1. 3 X 4 : 2 = ....
... : ... = ....
2. 3 X 6 : 2= ....
... : ... = ....

3. 3 X 8 : 4 = ....
... : ... = ....

4. 4 X 3 : 3 = ....
... : ... = ....

5. 4 X 6 : 3 = ....
... : ... = ....
6. 12 : 6 X 8 = ....
... X ... = ....

7. 15 : 3 X 4= ....
... X ... = ....

8. 18 : 2 X 5 = ....
... X ... = ....

9. 21 : 7 X 9 = ....
... X ... = ....

10. 25 : 5 X 6 = ....
... X ... = ....

LATIHAN SOAL II.2
1. 4 X 3 : 6 = ....
2. 4 X 6 : 8 = ....
3. 6 X 2 : 3 = ....
4. 6 X 3 : 9 = ....
5. 6 X 4 : 8 = ....
6. 6 X 6 : 9 = ....
7. 8 X 3 : 6 = ....
8. 9 X 2 : 6 = ....
9. 9 X 4 : 6= ....
10. 9 X 2 : 3 = ....
11. 4 : 2 X 7 = ....
12. 9 : 3 X 4 = ....
13. 10 : 2 X 5 = ....
14. 15 : 5 X 6 = ....
15. 16 : 4 X 7 = ....
16. 18 : 3 X 4 = ....
17. 20 : 5 X 8 = ....
18. 21 : 3 X 4 = ....
19. 24 : 3 X 5 = ....
20. 25 : 5 X 6 = ....

PEMBAHASAN MATERI III

5 + 2 X 3 = ....
5 + 6 = 11

8 X 3 + 8 = ....
24 + 8 = 32

16 – 24 : 8 = ....
16 – 3 = 11

42 : 6 – 5 = ....
7 – 5 = 2

36 – 8 X 3 = ....
36 – 24 = 11

6 X 5 - 19 = ....
30 - 19 = 11

8 + 15 : 3 = ....
8 + 5 = 13

30 : 5 + 9 = ....
6 + 9 = 15

LEMBAR KERJA SISWA III.1
Contoh :
5 + 7 x 5 = ...
5 + 35 = 40

8 x 4 + 6 = ....
32 + 6 = 38

25 – 6 x 2 = ....
25 – 12 = 13
6 x 4 – 7 = ....
24 – 7 = 17

8 + 25 : 5 = ...
8 + 5 = 13

36 : 9 + 8 = ....
4 + 8 = 12

38 – 36 : 6 = ....
38 – 6 = 32

48 : 8 – 3 = ....
6 – 3 = 3

1. 6 + 2 x 3 = ....
... + ... = ....

2. 5 + 3 x 6 = ....
... + ... = ....

3. 8 + 8 x 2 = ....
... + ... = ....

4. 9 + 6 x 3 = ....
... + ... = ....

5. 4 + 5 x 2 = ....
... + ... = ....

6. 3 x 5 + 9 = ....
... + ... = ....

7. 2 x 4 + 7 = ....
... + ... = ....

8. 6 x 3 + 2 = ....
... +... = ....

9. 8 x 4 + 6 = ....
... + ... = ....

10. 5 x 4 + 8 = ....
... + ... = ....

LEMBAR KERJA SISWA III.2
11. 24 – 5 X 3 = ....
... - ... = ....

12. 30 – 3 X 6 = ....
... - ... = ....

13. 43 – 6 X 6 = ....
... - ... = ....

14. 31 – 6 X 4 = ....
... - ... = ....

15. 57 – 4 X 9 = ....
... - ... = ....

16. 3 X 5 – 6 = ...
... - ... = ....

17. 4 X 6 – 14 = ....
... - ... = ....

18. 5 X 6 - 17 = ....
... - ... = ....

19. 6 X 6 -21 = ....
... - ... = ....

20. 8 X 5 – 24 =....
... - ... = ....

21. 8 + 24 : 4 = ....
... : ... = ....

22. 9 + 25 : 5 = ....
... : ...= ....

23. 12 + 63 : 7 = ....
... : ...=....

24. 15 + 42 : 6 = ...
... : ... =....

25. 17 + 48 : 6 =....
... : ...=....

26. 32 : 4 + 7 = ....
... +... = ....

27. 72 : 9 + 8 = ....
... + ... = ....

28. 56 : 7 + 9 = ....
... + ...= ....

29. 49 : 7 + 5 = ....
... + ...= ....

30. 63 : 9 + 4 = ....
... + ... = ....

LATIHAN SOAL III

1. 8 + 5 X 7 = ....
2. 9 + 5 X 4 = ....
3. 6 X 2 + 8 = ....
4. 5 X 7 + 8 = ....
5. 9 + 25 : 5 = ....
6. 6 + 54 : 9 = ....
7. 81 : 9 + 4 = ....
8. 72 :8 + 6 = ....
9. 21 – 25 : 5 = ....
10. 34 – 36 : 6 = ....
11. 63 : 9 – 5 = ....
12. 45 : 5 – 2 = ....
13. 88 – 8 X 4 = ....
14. 75 – 6 X 7 = ....
15. 8 X 5 – 6 = ....
16. 6 X 4 – 4 = ....
17. 8 X 4 + 36 : 9 – 2 X 3 = ....
18. 35 – 2 X 6 + 16 : 4 = ....
19. 9 + 48 : 6 – 4 X 4 = ....
20. 56 : 7 + 2 X 6 – 15 = ....

SOAL CERITA I 
  1. Pak Hasan seorang pedagang beras. Mula-mula dia mempunyai 79 kg. Lalu dia membeli lagi sebanyak 35 kg. Pada hari itu laku terjual 58 kg. Berapa sisa beras Pak Hasan sekarang ? 
  2. Sidi memiliki kelereng sebanyak 23 butir. Ketika main dia kalah 12 butir. Lalu Sidi membeli lagi sebanyak 15 butir. Berapa jumlah kelereng Sidi sekarang ? 
  3. Bu Tika membeli 2 kantong donat. Setiap kantong berisi 6 donat. Donat tersebut dibagikan semuanya kepada 3 orang anaknya sama banyak. Berapa donat yang diperoleh oleh masing-masing anaknya 
  4. Paman membawa 4 ikat rambutan. Rambutan tersebut dibagikan kepada Rere dan Budi sama banyak. Ternyata setiap ikat berisi 9 butir. Berapa butir rambutan yang mereka miliki masing-masing ? 
  5. Indah mempunyai 8 jepit rambut. Mamanya membelikan lagi 3 plastik jepit rambut. Setiap plastik berisi 5 jepit rambut. Berapa Jepit rambut yang dimiliki Indah sekarang ? 
  6. Mula-mula Ica mempunyai 2 buah pensil. Dari kantor Ayahnya membaw a 9 pensil, dibagikan kepada anak-anaknya Mugi, Unan, dan Ica. Berapa pensil Ica sekarang ? 
  7. Dari sekolah Juju mendapat 3 pak buku tulis. Setiap pak berisi 5 buku tulis. Di rumah masih ada 4 buku tulis. Berapa buku tulis yang dimiliki Juju sekarang ? 
  8. Pak Jaya membawa 6 buah mangga. Mangga tersebut dibagikan kepada Bu Yeti dan kedua anaknya yaitu Amini dan Risa sama banyak. Karena Amini tidak suka mangga , dia berikan kepada Risa semuanya. Berapa mangga Risa sekarang ? 
  9. Di koperasi sekolah tersedia 36 buah buku ulangan. Yahya, Karim, Abdul, dan Sultan masing-masing membeli 4 buah buku ulangan. Berapa buku ulangan yang masih tersisa ? 
  10. Bejo mempunyai 6 kandang kambing, setiap kandang berisi 5 kambing. Saat Idul Qurban dia menjual 12 kambing, Berapa kambing Bejo sekarang ? 
  11. Bu Cece mempunyai 18 telur. Telur tersebut dibagikan habis kepada para tetangganya, yaitu Bu Yuki, Bu Ina, dan Bu Fina dengan sama banyak. Bu Fina menggoreng 3 telurnya. Berapa telur Bu Fina yang belum digoreng ? 
  12. Yakub membawa 4 kantong permen. Setiap kantong berisi 9 permen. Permen tersebut dibagikan kepada 6 orang temannya. Berapa permen yang diterima oleh masing-masing teman yakub ? 


DAFTAR PUSTAKA 
  • Bobrow, Jerry. 2003, Seri Matematika Keterampilan Aljabar I. Bandung : Pakar Raya
  • Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen 
  • Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak Sekolah Dasar 2010, Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.
  • Tim Bina Matematika, Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Bogor : Yudhistira.
  • Isnada Waris Tasrim, Purnomosidi, Wiyanto, Endang Supadminingsih. 2007, Matematika Untuk SD/MI Kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan. 
Continue Reading...

Jumat, 11 September 2015

SOAL ULANGAN SD KELAS IV

Tidak ada komentar:

  1. SBK 4.1 >>>>>>>>>>>>>DISINI
  2. SBK 4.2 >>>>>>>>>>>>>DISINI
  3. UH.1 PKN >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  4. UH 2 PKN >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  5. UH 3 PKN >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  6. UH 1 B. INDONESIA >>>>>> DISINI
  7. UH 2 B. INDONESIA >>>>> DISINI
  8. UH 3 B. INDONESIA >>>>> DISINI
  9. UH 4 B. INDONESIA >>>>> DISINI
  10. UH 5 B. INDONESIA >>>>> DISINI
  11. UH 1 IPS >>>>>>>>>>>>>>> DISINI
  12. UH 3 IPS >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  13. UH 1 MATEMATIKA >>>>>> DISINI
  14. UH 2 MATEMATIKA >>>>> DISINI
  15. UH 3 MATEMATIKA >>>>> DISINI
  16. UH 4 MATEMATIKA >>>>> DISINI
  17. UH 1_2 IPA >>>>>>>>>>>>> DISINI
  18. UH 2_3 IPA >>>>>>>>>>>> DISINI
  19. UH 2_3 IPA >>>>>>>>>>>> DISINI
  20. UH 4 IPA >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  21. UH 5 IPA >>>>>>>>>>>>>> DISINI
  22. UH 4.2 QURDIS >>>>>>>>> DISINI
  23. Master UTS_IPS_S1_>>>>>> DISINI



Jambu itu jambu pertukal
Tumbuh subur lebat buahnya
Ilmu itu harta yang kekal
Penyuluh hidup dalam dunia

Continue Reading...

Selasa, 08 September 2015

Beberapa Sanksi Dari Google Untuk Blog (Google Penalities)

2 komentar:
Assalamualaikum sobat semua, saya sengaja menulis artikel ini karena menurut saya artikel ini lumayan menarik, karena artikel ini akan membahas beberapa sanksi dari si mbah google untuk blog kita sendiri.
Biasanya kata Sanksi biasa diartikan sebagai hukuman atau pinalti, atau bisa juga diartikan sebagai kemarahan mbah google untuk blog kita, sehingga kita akan diberikan hukuman (sanksi) dari mbah google, dan sanksi itu tidak tanggung-tanggung, bahkan sanksi ini sangatlah mengerikan untuk blog kita.
Beberapa sanksi dari mbah google ini bisa menjadi inspirasi bagi kita agar kita tidak melanggar peraturan-peraturan mbah google ini, sehingga blog kitapun akan aman sejahtera dari amukan si mbah google ini.
Sobat semua sudah kepingin tahu beberapa sanksi dari google untuk blog ini ya ?? hehehe. Pasti ingin cepat-cepat tahu dong, ok ini langsung saja lihat beberapa sanksi dari google untuk blog.
Beberapa Sanksi Dari Google Untuk Blog (Google Penalities)
1. Google Sandbox
Nah, google sandbox ini juga pernah menyerang blog saya yang lain, dan saya merasakan bahwa hukuman yang satu ini sangatlah luar biasa, karena bisa menyebabkan semua artikel kita di search engine google menghilang. Google Sandbox biasa terjadi kepada blog kita karena kita melakukan optimasi yang berlebihan terhadap blog ktia, dan blog kita akan terasa mencurigakan di mata mbah google ini. Contoh optimasi berlebihan yaitu sering mengeping blog di situs ping. Jika blog terkena google sandbox, postingan blog akan tetap terindeks seperti biasanya, tetapi tidak akan dimunculkan di hasil pencarian google. Dan sobat perlu hati-hati apabila salah satu atau dua postingan sobat terkena google sandbox, karena dari postingan itu google sandbox bisa menyebar ke postingan lainnya, dan akibat google sandbox ini, blog kita akan kehilangan visitor yang sangat banyak, misal dari 4000 pageview berubah menjadi 500 pageview per/hari.
2. Google Dance
Kalau penalti dari google yang satu ini blog saya belum pernah mengalaminya. Akibat sanksi Google Dance diberikan google ini akibatnya lumayan berat untuk blog kita, karena postingan kita di search engine mengalami penurunan yang sangat drastis, misalnya jika postingan kita pertama ada dihalaman 1 google, maka keesokan harinya bisa dihalaman 100, keesokannya lagi bisa halaman 230, dan seterusnya. Jadi jika blog kita terkena google dance, maka visitor blog pun akan menurut dratstis seperti sanksi google sandbox diatas.
3. Deindex
Hadeuh, yang satu ini nih saknsi yang paling kejam dari google nomer 2, karena postingan yang kita tidak akan dihiraukan oleh mbah google ini, sanksi deindex menyebabkan postingan yang kita buat tidak akan pernah terindeks di hasil pencarian google. Hal ini biasanya disebabkan oleh optimasi SEO yang terlalu berlebihan dan keliru sehingga di deteksi sebagai sebuah kecurangan oleh si mbah google atau bisa terjadi karena blog kita melanggar  TOS ( Term Of Service ) mbah google, jadi kita harus lebih berhati-hati lagi.
4. Banned
Waduh, apa yang sobat pikirkan jika mendengar kata banned, pasti dalam pikiran sobat bahwa blog kita akan dihapus oleh google ya ?? itu benar sekali sob, karena memang blog kita akan dihapus oleh google (banned) dan inilah hal yang paling ditakuti semua blogger, karena google tidak akan memberikan maafnya lagi kepada blog kita, dan biasanya jika blog kita sudah kena banned dari google, lebih baik membuat blog lagi, dan jangan sampai melanggat peraturan dari google sehingga blog kita kena banned. Penyebab dari Banned ini sendiri biasanya karena blog/website tersebut dianggap berbahaya, dan karena sering melakukan spam/flooding.
Jadi kesimpulan dari Beberapa Sanksi Dari Google Untuk Blog diatas yaitu bahwa kita harus lebih berhati-hati dan mematuhi aturan dari mbah google, agar blog kita baik, aman, dan sejahtera saja ^_^, Tapi yang paling penting yaitu kita harus tetap jalin persahabatan antara para blogger, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi sobat blogger semuanya terimakasih, wassalamualaikum.


Sumber (http://www.mestiqui.com/2013/09/beberapa-sanksi-dari-google-untuk-blog.html) 
Continue Reading...

Senin, 07 September 2015

Silabus dan Contoh RPP SMA

Tidak ada komentar:
  1. Silabus dan Contoh RPP SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 :
  2. Silabus Prakarya [Download] & RPP Prakarya [Download]
  3. Silabus Penjasorkes [Download] & RPP Penjasorkes [Download]
  4. Silabus Seni Budaya [Download] & RPP Seni Budaya [Download]
  5. Silabus B. Inggris [Download] & RPP B. Inggris [Download]
  6. Silabus B. Indonesia [Download] & RPP B. Indonesia [Download]
  7. Silabus Kimia [Download] & RPP Kimia [Download]
  8. Silabus Biologi [Download] & RPP Biologi [Download]
  9. Silabus Fisika [Download] & RPP Fisika [Download]
  10. Silabus Ekonomi [Download] & RPP [Download]
  11. Silabus Sosiologi [Download] & RPP [Download]
  12. Silabus Sejarah [Download] & RPP [Download]
  13. Silabus Geografi [Download] & RPP [Download]
  14. Silabus Antropologi [Download] & RPP [Download]
  15. Silabus Bahasa dan Sastra Asing [Download] & RPP B. Jepang [Download]
  16. Silabus PKn [Download] & RPP PKn [Download]
  17. Silabus Pend. Agama dan Budi Pekerti [Download] & RPP PAI dan Budi Pekerti[Download]
  18. Silabus MTK [Download] & RPP MTK [Download]



Continue Reading...

Minggu, 06 September 2015

SENI DAN BUDAYA

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

KOLEKSI KUMPULAN SOAL BELAJAR

Tidak ada komentar:
A. SOAL SD / MI
1. CONTOH SOAL UKK 2013
2. 
SOAL UN SD DAN SEDERAJAT 
3. ULANGAN HARIAN KELAS IV 
4. 
OPERASI HiTUNG CAMPURAN


B. SOAL SMP / MTS
1. 
SOAL UN SMP DAN SEDERAJAT
2. 

3.
C. SMA / SMK

1. SOAL UN SMA DAN SEDERAJAT 
2. 
3. 




Continue Reading...

LAINNYA

Tidak ada komentar:
Continue Reading...

Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

2 komentar:
Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan merupakan dambaan bagi seorang guru atau tenaga pendidik, dengan menciptakan suasana  belajar yang menyenangkan maka akan melahirkan semangat belajar dari para siswa dan pastinya akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik, kata menyenangkan biasanya timbul disaat anak-anak (peserta didik) bermain, bermain merupakan kegiatan mengasyikkan dan menyenangkan bagi siswa, jadi guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses belajar lebih menyenangkan seperti bermain sehingga sekolah tidak dianggap sebagai tempat yang membosankan namun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi siswa.
  Seperti yang telah dijelaskan pula dari Quantum Learning sendiri bahwa belajar itu haruslah mengasyikkan dan berlangsung dalam suasana gembira  sehingga pintu masuk untuk informasi baru akan lebih lebar dan terekam dengan baik. Rasa senang dalam belajar adalah masalah suasana hati. Ini diperoleh melalui perlakuan guru dan orang tua melalui dorongan dan motivasi mereka. Sebenarnya yang diperlukan oleh siswa dalam belajar adalah rasa percaya diri.
Oleh karena itu, tugas orang tua dan guru  tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Dari pengalaman hidup, kita menemukan begitu banyak anak yang ragu-ragu atas apa yang mereka pelajari sehingga mereka perlu didorong dan diberi semangat lewat bahasa cinta dan perlakuan adil bagi mereka. Langkah inovatif yang dapat dilakukan adalah bagaimana eksistensi dinding-dinding kelas yang pada dasarnya benda mati tersebut menjadi bermakna dan berbicara terhadap siswa pada khusunya dan bagi seluruh warga sekolah pada umumnya.
Yang menjadi pertanyaan adalah
“Bagaimana menciptakan dinding-dinding sekolah dan ruang-ruang kelas yang mati ini menjadi lebih hidup, menjadi bermakna, dan pada akhirnya dapat menggairahkan nafsu belajar siswa”.
Jawaban dari pertanyaan diatas adalah tidak lain adalah diperlukan suatu langkah kreatif seorang guru. Hal ini tentunya merupakan suatu langkah inovatif yang pada kenyataannya akan berbeda dengan kondisi realita dan mayoritas yang ada dilapangan saat ini. Pada kebanyakan orang dan pada kebanyakan guru bisa saja kegiatan ini dianggap sebagai kegiatan yang mengada-ada. Namun justru disinilah letak nilai inovatif itu sendiri muncul, sebab kegiatan yang bersifat inovatifakan dirasakan hal yang asing oleh orang lain, sebab hal semacam itu sebelumnya jarang atau bahkan mungkin belum ada.
Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar orang dewasa dan anak-anak pada hakikatnya sama, yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun). Seorang guru idealnya kreatif mendesain lingkungan belajar agar tercipta suasana yang menyenangkan atau dalam istilah Gordon Dryden disebut orkestra lingkungan belajar.
Lalu apa yang perlu disiapkan?
Desain ruang kelas, desainlah ruang kelas dengan hal-hal yang bisa membuat suasana hati ceria, agar siswa merasa lebih senang untuk belajar.
Bila perlu ciptakan suasana kelas yang mirip pesta, ada balon, lampion, dan hiasan-hiasan dinding.
Siapkan musik pengiring ketika presentasi atau ketika siswa mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya yang telah diremcanakan. Akan lebih baik jika memakai musik klasik yang direkomendasikan oleh Dr Lazanov (Mozart, Vivaldi, Bethoven).
Seluruh atmosfer kelas harus benar-benar bersahabat, tidak ada tekanan, apalagi ancaman.
Stocwell (seorang pelatih pendidikan terkemuka di Eropa) menjelaskana bahwa poster berwarna di dinding yang didesain dengan baik sangatlah penting karena merangsang  periferal otak. Kehadirannya yang konstan diruang kelas menyampaikan isinya di memori otak walaupun tidak didasari oleh anak. Stocwell juga menjelaskan tentang psikologi warna. Merah adalah warna peringatan, biru melambangkan kesejukan, kuning warna kecerdasan, hijau dan coklat mempunyai efek menentramkan, hangat dan ramah. Poster yang baik dapat membuat kesan di memori jangka panjang, menciptakan gambaran memori yang dapat dipanggil kembali jika dibutuhkan, walaupun tidak pernah dipelajari secara sadar.
Penerapan Joyfull Learning
Joyfull Learning dapat dilakukan dengan memotivasi tumbuhnya harga diri yang positif kepada anak dan meberikan lingkungan dan kondisi yang tepat untuk semua anak. Dengan kata lain, semua anak merasakan bahwa :
1.    Kondisi mereka sekecil apapun dihargai
2.    Mereka merasa aman (fisik dan psikis) dalam lingkungan belajar
3.    Gagasan mereka dihargai (Stufflebeam, 1965)
Dengan kata lain anak harus dihargai apa danya. Mereka harus merasa aman, bisa mengekspresikan pendapatnya, dan sukses dalam belajarnya.
Kerangka inilah yang membantu anak-anak menikmati belajar dan guru bisa memperkuat rasa senang ini melalui penciptaan kelas yang lebih “menyenangkan”.

Oleh karena itu, guru diharapkan  untuk tidak membatasi argumen siswa, karena dengan mendengarkan argumen siswa, mereka merasa lebih diperharikan dan merasa nyaman berada dikelas. Selain itu penataan kelas juga membuat siswa merasa nyaman dan senang berasa dikelas.
Dave Meier menyatakan bahwa belajar menyenangkan  (joyfull learning) adalah sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman , nilai yang membahagiakan pada diri siswa, membuat siswa tertarik untuk belajar merupakan sebuah tantangan bagi guru, karena membuat siswa tertarik untuk belajar tidak semudah menjelaskan teori yang ada dibuku.
Sebelum dikenakan pada tujuan pembelajaran joyfull learning lebih dulu mengetahui tujuan pendidikan  nasional sesuai undang-undang no.02 untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif menegembangkan potensinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Siswa akan terdoromg untuk terus belajar jika pembelajaran diselenggarakan secara nyaman dan menyenangkan , sehingga siswa terlibat secara fisik dan psikis. Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat dan keceerdasan siswa. Guru juga perlu memberikan penghargaan bagi sisiwa yang berpartipasi. Penghargaan dapat bersifat material dan penghargaan, nilai, penghargaan applaus.
Sedangkan tujuan dari pembelajaran yang menyenangkan sendiri adalah menggugah sepenuhnya kemampuan belajar dari pelajar, membuat belajar menyenangkan dan memuaskan bagi mereka, dan memberikan sumbangan sepenuhnya pada kebahagian, kecerdasan, kompetensi, dan keberhasilan mereka sebagai manusia.


Continue Reading...

Membuat Suasana Belajar yang Menyenangkan !

Tidak ada komentar:

Suasana kelas yang terbatas, sempit dan monoton setiap harinya jangan lagi ditambah dengan beban berupa suasana belajar yang tegang dan berat . Akan tetapi buatlah suasana belajar yang tidak menyempitkan dada, tidak membebani pikiran mereka, dan murid tetap dalam keadaan nyaman untuk bisa menerima pelajaran.


Diantara contoh-contoh metode untuk membuat nyaman susana belajar adalah :

1. Penuh kasih sayang kepada siswa

Ini adalah kunci utama keberhasilan pendidikan, yakni pendidikan yang didasari kasih sayang dan bukan materi atau ambisi dunia yang lain.

2. Sekali-kali mengajak siswa belajar diluar kelas

Siapkan tempat yang biasa membuat mereka tetap konsentrasi meski berada di alam bebas. Berilah pengertian kepada mereka untuk santai tetapi serius dalam mempelajari suatu materi pelajaran agar kebiasaan belajar di alam bebas tetap berlanjut.

3. Siapkan variasi metode belajar

Variasi metode belajar tidak harus sulit dan mahal. Metode belajar satu macam saja akan membuat siswa jenuh dan bosan. Akhirnya mata pelajaran anda akan menjadi beban dan bahkan di anggap “Penyakit” oleh siswa.

4. Mencegah kegaduhan di dalam kelas

Sering kali kita melihat suasana kelas ketika kita menjelaskan terkadang banyak siswa yang ngobrol yang membuat suasana kelas menjadi bising dan gaduh sehingga bisa merusak konsentrasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, Jika memang tidak bisa di ingatkan anda menyuruh mereka diam atau meninggalkan kelas. Kalau memang tetap membandel, jangan segan-segan untuk bersikap tegas.

5. Buatlah siswa tersenyum

Membuat para siswa tersenyum di dalam kelas karena anda membuat humor sangat di anjurkan agar siswa tidak merasa bosan dengan materi bahan ajar yang anda sampaikan, namun anda jangan sampai berlebihan seperti pelawak di depan kelas. Ini akan mengurangi rasa hormat mereka kepada anda, dan ini berbahaya. Menyelipkan hal-hal yang lucu di sela-sela materi tidak apa-apa, asal jangan sampai berlebihan. Yang penting jangan anda buat suasana belajar terus-menerus menjadi menegangkan.

6. Belajar menjadi orang yang tidak kaku

Ada saatnya anda harus lunak dan ada saatnya anda harus tegas dan serius. Jangan kaku dalam mengajar karena sikap tersebut malah memberi kesan seperti robot. Misalnya datang ke kelas langsung mengajar tanpa basa-basi dan kemudian setelah selesai langsung keluar meninggalkan kelas.

7. Basa-basi yang positif

Basa-basi yang positif bukanlah perbuatan pura-pura atau munafik. Bahkan ia sangat dibutuhkan untuk mengantar kepada topik dan suasana belajar yang sesungguhnya. Para siswa butuh pengantar sebagai pemanasan dan kesiapan otak mereka untuk menerima materi utama. Seperti halnya dengan sepeda motor atau mobil yang butuh pemanasan sebelum dijalankan, begitupun dalam proses belajar mengajar. Dialog segar di awal membantu menyegarkan suasana dan kenyamanan belajar.



Continue Reading...

Sekolah Sebagai Tempat yang Menyenangkan

Tidak ada komentar:
Sekolah Sebagai Tempat yang Menyenangkan - Lingkungan sekolah sebagai tempat peserta didik mempersiapkan masa depan diri, keluarga dan bangsa mestinya menjadi pilihan yang membanggakan. Semua komponen fisik sekolah, baik halaman, gedung, ruang kelas, dan sarana/prasarana lainnya dibenahi dan ditata rapi. Perangkat tekhnologi yang tersedia mempermudah semua peserta didik mengakses pengetahuan yang di butuhkan. Penyediaan program ekstrakurikuler yang beragam dan sesuai dengan bakat serta selera peserta didik juga merupakan solusi terhadap persoalan yang menjadikan sekolah sebagai tempat yang mengasyikkan. 
Jika dalam menekuni kegiatan ekstrakurikuler peserta didik lupa waktu, dalam belajarpun sudah kecanduan; maka sekolah sebagai lingkungan belajar, bermain dan berkompetisi mengembangkan potensi secara optimal sudah terwujud . Para peserta didik akan bergembira berlama-lama di sekolah, enggan untuk pulang, berat hati berpisah dengan rekan-rekan dan para gurunya. Jika pulang ingin rasanya esok hari segera menjelang. Bukan sebaliknya, matahari sudah tinggi mere ka masih terlena mau melanjutkan tidurnya. 
Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan komitmen mutu dan semangat kebersamaan. Pendidik, tenaga kependidikan, dan stacholder bersatu padu sebagai penata dan pengelola taman yang artistik. Semua pihak bersinergi dalam harmoni yang menyenangkan. Harmonisasi pelayanan fisikal ini mesti menjadi visi lembaga. Harmonisasi pelayanan ini merupakan wujud pelayanan prima yang disajikan dalam menu pavorit pengembangan lingkungan wiyata. Dengan demikian sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan bukanlah suatu yang tidak bisa di realisasikan 

Oleh : Drs. H.Hapazah, M.Pd. (Guru SMAN 1 Praya)



Continue Reading...

Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan

Tidak ada komentar:
Konsep PAIKEM dalam Pemebelajaran - Apa itu PAIKEM? PAIKEM adalah singkatan dariPembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jadi kelima konsep ini yang harus ada dalam sebuah metode pembelajaran, agar pembelajaran yang dihasilkan oleh guru memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat kompeten, jika seorang guru mampu menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran maka dapat dipastikan hasil yang akan didapatkan dari proses pembelajaran akan maksimal dan sesuai dengan yang sudah direncanakan, kelima konsep ini bersinergi menjadi satu kesatuan yang utuh yang saling membutuhkan sehingga menghasilkan sebuah metode pembelajaran yang sangat komplit dan tentunya menghasilkan pembelajaran yang maksimal dan optimal dari segi target dan waktu.


Berikut penjelasan tentang kelima konsep tersebut :

1. Pembelajaran Aktif

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting, kegiatan aktif ini seharusnya tidaklah hanya berupa keterlibatan secara fisik belaka, tetapi hal yang lebih utama adalah keterlibatan mental/intelektual, khususnya keterlibatan intelektual-emosional.

Contoh dari keterlibatan mental adalah mendengarkan ceramah, berdiskusi, melakukan pengamatan, memecahkan masalah, dan sebagainya. Keterlibatan emosional dapat beebentuk penghayatan terhadap perasaan, nilai, sikap, menguatnya motivasi, dan sebagainya dalam pembangunan ranah afektif. Demikian pula halnya keterlibatan fisik dalam berbagai perbuatan langsung dengan balikannya yang spesifik dan segera dalam upaya pembentukkan/pengembangan ranah psikomotorik.

Terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam upaya mengoptimalkan keaktifan murid dalam belajar, baik dipandang dari pihak pembelajar, maupun dari pihak pengelola proses pembelajaran. Prinsip-prinsip itulah yang harus diperhatikan dalam menerapkan CBSA, yaitu: (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 9-10):
  1. Penumbuhan motivasi, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik;
  2. Pemantapan latar dari materi yang akan dipelajari, khususnya pemberian apersepsi/kaitan;
  3. Megupayakan keterarahan kepada suatu fokus;
  4. Belajar sambil bekerja, sambil bermain, ataupun kegiatan lainnya;
  5. Penyesuaian dengan perbedaan individual;
  6. Peluang untuk bekerjasama dengan berbagai pola interaksi;
  7. Peluang untuk menemukan sendiri informasi/konsep;
  8. Penumbuhan kepekaan mencari masalah dan memcahkannya;
  9. Mengupayakan keterpaduan, baik asimilasi maupun akomodasi kognitif.
Unutk mewujudkan prinsip-prinsip belajar diatas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, antara lain (Sulo Lipu La Sulo, 1990: 10):
  • Mengupayakan variasi kegiatan dan suasana belajar dengan penggunaan berbagai strategi pembelajaran;
  • Menumbuhkan prakarsa siswa untuk aktif dan kreatif dalm kegiatan pembelajaran;
  • Mengembangkan berbagai pola interaksi dalam pembelajaran, baik antara guru dan siswa maupun antar siswa;
  • Menggunakan berbagai sumber belajar, baik yang dirancang/by design (buku pelajaran, media pembelajaran, model kerangka manusia, dll) maupun yang dimanfaatkan/by utilization (tumbuhan, hewan. Lingkungan, pasar, dll);
Pemantauan yang intensif dan diikuti dengan pemberian balikan yang spesifik juga segera.

2. Pembelajaran Inovatif
Pembelajaran inovatif dapat dilakukan dengan cara mengadaptasi model-model pembelajaran menyenangkan yang bisa membuat siswa terbebas dari kejenuhan-kejenuhan pemnbelajaran. Guru mencoba untuk menanamkan pemikiran “Learning is fun” kepada para peserta didiknya.

3. Pembelajaran Kreatif

Pembelajaran kreatif menekankan pada pengembangan kreatifitas, baik pengembangan kemampuan imajinasi dan daya cipta (mengarang, membuat keerajinan tangan, mempraktekkan kesenian, dll) maupun pengembangan kemampuan berpikir kreatif.

Kreativitas merupakan tahap paling tinggi dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif pada diri siswa. Guru sebagai fasilitator pun,

4. Pembelajaran Efektif

Aspek efektifitas pembelajaran merupakan kriteria penting dalam setiap pembelajaran. Pembelajaran yang efktif adalah pembelajaran yang mendidik, yang secara serentak dapat memenuhi dua sisi penting dari tujuan pendidikan di sekolah, yakni:
  • Memiliki/menguasai ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni (IPTEKS), dan
  • Membangun diri pribadi sebagai pemanggung eksistensi manusia.
Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bagsa, betujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif mensiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

5. Pembelajaran Menyenangkan

Pembelajaran menyenagkan merupakan pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga memberikan suasana penuh keceriaan, menyenagkan, san yang paling utama, tidak membosankan, kepada peserta didik.

Pembelajaran yang menyenangkan, harus didukung oleh keamanan lingkungan, relevansi bahan ajar, serta jaminan bahwa secara emosional akan memberikan dampak positif.

Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan per n selingan yang menyenangkan bagi murid, yang dapat disertai dengan pemberian hadiah bagi murid yang tidak pernah membuat kesalahan.

Berikut adalah beberapa cotoh pembelajaran menyenangkan (Dadan Djuanda, 2006, dalam Konsorsium……., 2006: 161-171):
  • Bisik Berantai,
  • Lihat dan Katakan,
  • Operasi Hitungan dengan Kartu,
  • Permainan Monopoli Pembelajaran.
Menerapkan kelima konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran tidak semudah menjelaskan sebuah teori, butuh usaha dan kerja keras jika kita ingin menerapkan konsep ini kedalam sebuah metode pembelajaran. Semoga artikel ini bisa memberikan kita pandangan tentang konsep PAIKEM dan mampu menyuguhkan pembelajaran yang berkualitas dan kompeten kepada peserta didik kita dan tentunya dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa-siswi di sekolah dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya.



Continue Reading...

Bagaimana Membuat Siswa Tertarik untuk Belajar?

Tidak ada komentar:
Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat anak didik tertarik di antaranya : 
1. Memberikan pengertian tentang tujuan pentingnya mempelajari suatu topik .
Menjelaskan kepada sisiwa tentang manfaat-manfaat jangka pendek dan jangka panjang tentang materi atau topik yang sedang dipelajari. Dengan mengetahui berbagai manfaat apalagi yang konkret akan membuat anak tertarik untuk belajar. 

2. Tidak monoton dalam metode mengajarnya.
Gunakan metode belajar banyak bertanya, bercerita, mengajak siswa aktif untuk berpendapat atau memberi penjelasan atau menjawab pertanyaan. 

3. Memahami kemampuan anak didik dalam menyerap ilmu yang di ajarkan.
Jangan paksa mereka “menelan” semuanya sementara mereka tidak bisa memahami satu per satu sub topik. 

4. Jangan pasang tampang angker dan galak.
Ciptakan suasana belajar yang nyaman namun serius. Siapapun tidak akan mampu belajar dan memahami pelajaran dengan baik dalam keadaan takut atau tertekan. Ini yang sering tak di sadari oleh beberapa guru. 

5. Sesekali pedulikan dan cek daya serap anak dengan bertanya kepada mereka.
Seringkali terkadang guru mengabaikan hal ini ketika anda sudah selesai menjelaskan materi kepada siswa silahkan anda tanyakan dan mengetes kemampuan mereka apakah mereka sudah memahami sepenuhnya tentang materi yang sudah anda sampaikan. Harus di ingat anda jangan hanya melihat siswa yang mempunyai kemampuan yang diatas rata-rata sering kali kita mengabaikan siswa yang mempunyai kemampuan daya serap yang lambat, siswa yang seperti ini juga harus mendapatkan perhatian yang lebih dari seorang guru.
Mungkin itu saja ulasan saya tentang bagaimana membuat anak didik tertarik untuk belajar. 


Continue Reading...